Sikapi Relokasi IKN, Legislator Kaltim Dorong Akselerasi

Nanda: Momentum Baru Bagi Kaltim

0 91

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Peningkatan pembangunan di Kalimantan Timur (Kaltim) memerlukan perhatian serius dan penyesuaian strategi, terutama menyikapi relokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) ke wilayah tersebut.

Menurut Anggota Komisi 4 Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ananda Emira Moeis, Kaltim harus mengakselerasi pembangunan dari segi Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, dan Infrastruktur agar dapat bersaing sejajar dengan proyek IKN.

“Manajemen dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), merupakan elemen kunci dalam memaksimalkan potensi pembangunan di Kaltim,” jelas Nanda sapaan akrabnya belum lama ini.

Kerja sama yang erat antara Pemerintah Daerah dan Pusat dianggap sebagai faktor penting untuk memastikan sumber daya finansial digunakan secara efektif.

Baca Juga:

Kebijakan relokasi Ibu Kota Negara dipandang Ananda sebagai peluang positif untuk mendorong pemerataan pembangunan di Indonesia, mengatasi ketidakseimbangan yang selama ini terjadi.

Penekanan juga diberikan pada peningkatan alokasi anggaran Sektor Pertanian di Kaltim hingga 20 persen, guna mendukung ketahanan pangan dan pengembangan sektor ini.

Dalam konteks ini, kehadiran IKN disoroti sebagai katalisator untuk mempercepat pertumbuhan Kaltim.

Politisi PDIP yang terpilih dari Daerah Pemilihan Samarinda ini mengajak Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menjalin kemitraan strategis, dan memobilisasi partisipasi dari berbagai pihak demi mendukung pembangunan infrastruktur yang berdaya saing.

IKN dapat memberikan momentum baru bagi Kaltim sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia, mengintegrasikan dan memanfaatkan sumber daya secara optimal.” tutup Nanda. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Kaltim)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 83 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!