Wakil Ketua DPRD Kaltim Sosbang di Desa Jantur Baru

Atasi Degradasi Nasionalisme

0 33

DETAKKaltim.Com, MUARA MUNTAI:  Wakil Ketua 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang), di Desa Jantur Baru, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (20/12/2023).

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan kali ini merupakan yang Ke-12, dan merupakan penutup kegiatan di 2023 ini.

“Indonesia dengan Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai persatuan dan kesatuan NKRI, dinilai sangat berhasil menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Namun, hal tersebut jangan membuat kita terlena.” sebut Samsun.

Baca Juga:

Karena, menurut Samsun, canggihnya teknologi dan mudahnya akses informasi membuat generasi Z menerima budaya dari luar. Malangnya, banyak yang bertolakbelakang dengan budaya ketimuran yang masyarakat Indonesia pegang selama ini.

“Sosialisasi Wawasan Kebangsaan inilah, kunci utama untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pemahaman warga negara tentang keberagaman, membangun sikap saling menghargai, dan mengatasi potensi konflik yang dapat muncul akibat perbedaan,” jelas Samsun lebih lanjut.

Pada sosialisasi kali ini, Samsun juga memboyong narasumber muda, dari lembaga Indonesian Life Skill Academy, Aditya Lesmana.

“Hal ini untuk menarik perhatian generasi muda, agar frekuensinya sama, jadi narasumber juga anak muda,” ungkap Samsun.

Menurutnya, rasa nasionalisme juga memiliki tantangan. Salah satunya partisipasi Pemilu umum di 2024 nanti, sebagai generasi muda, diharapkan ikut ambil bagian dalam proses demokrasi, sehingga pemimpin yang dipilih benar-benar berkualitas mewakili suara rakyat. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/ Di/Le

Editor: Lukman

(Visited 26 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!