Program Gemar Makan Ikan Kukar, Target Minimalisir Stunting

Muslik: Fokus di Sekitar 8 Kecamatan

0 84

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) gencar melakukan sosialisasi Program Gemar Makan Ikan.

Langkah ini diambil dengan tujuan utama, untuk meminimalisir atau menurunkan kasus stunting di Kukar. Terlebih berdasarkan informasi dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP), kandungan protein pada ikan mencapai lebih dari 20 persen.

Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia, memberikan kecerdasan karena ikan tidak mengandung asam lemak jenuh. Ikan juga kaya akan nutrisi seperti omega 3, vitamin A, D, B6, dan B12, yang dapat memberikan energi serta mendukung kecerdasan seseorang.

“Untuk stunting kita juga melakukan kegiatan seperti sosialisasi Gemar Makan Ikan,” jelas Kepala DKP Kukar Muslik.

Lanjutnya, pelaksanaan sosialisasi Gemar Makan Ikan dilakukan di Desa-Desa yang menjadi fokus penanganan stunting, sebagai langkah strategis dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Kukar.

Baca Juga:

Dengan fokus pada Desa-Desa tersebut, program ini dapat secara langsung mencapai masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus dalam menanggulangi masalah stunting.

“Kita lakukan di Desa-Desa yang memang manjadi lokus penanganan stunting,” ujarnya.

Upaya penanganan stunting ini, lanjunya, melibatkan sekitar 8 Kecamatan. Yang dilakukan melalui Posyandu, sekaligus bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan fokus pada ibu-ibu sebagai sasaran utama.

“Kalau gemar makan ikan itu kita fokus di sekitar 8 Kecamatan. Kita lakukan di Posyandu kerja sama dengan Dinkes, yang kita sasar adalah ibu-ibu yang rentan terhadap stunting. Kita harap dengan ibu konsumsi ikan dapat meningkat. ” tandas Muslik. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 77 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!