Siswa SMAN 1 Long Bagun Raih Juara I Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

Ristu: Berharap Dapat Melahirkan Pelajar-Pelajar Sadar Hukum

0 391

 

DETAKKaltim.Com, KUTAI BARAT: Kejaksaan Tinggi Kaltim menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2023 Mahakam Ulu, di Hotel Sidodadi, Jalan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, Rabu (9/8/2023) sekitar Pukul 09:00 Wita.

Kegiatan ini diikuti oleh pelajar jenjang SMA sederajat seluruh Kabupaten Mahakam Ulu, yang diikuti sebanyak 4 tim. Masing-masing tim adalah 1 orang pelajar laki-laki, dan 1 orang pelajar perempuan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Hari Setiyono dalam Siaran Pers Nomor :  82 /O.4.3/Penkum/08/2023 yang diterima DETAKKaltim.Com melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum Toni Yuswanto mengatakan, sebelumnya para peserta seluruh Kabupaten Mahakam Ulu mengajukan karya tulis inovatif.

“Selanjutnya dilakukan seleksi terhadap karya tulis inovatif yang diajukan, sehingga didapati 4 peserta guna dipertandingkan pada tingkat Kabupaten Mahakam Ulu,” jelas Toni.

Kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini dibuka Koordinator Bidang Intelijen Kejati Kaltim Ristu Darmawan, dihadiri Kasubag TU Dinas Pendidikan wilayah IV Kabupaten Kutai Barat-Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur Ali.

Selain itu juga dihadiri para Juri dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan Kejaksaan Negeri Kutai Barat, dan para guru pembimbing beserta peserta pemilihan duta pelajar sadar hukum.

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa,” kata Ristu Darmawan dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Oleh karena itu, lanjutnya, pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus dikembangkan potensinya ke arah yang positif. Salah satunya diberikan pemahaman hukum melalui pembinaan atau pembentukan pelajar sadar hukum, yang secara tidak langsung akan membentuk karakter para pelajar terkait hukum yakni kejujuran, tanggung jawab, disiplin, toleransi dan peduli pada lingkungan dan sosial serta dapat bertindak lebih bijak dengan mematuhi ketentuan yang berlaku.

“Melalui kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA sederajat se-Kaltim tahun 2023 ini, saya berharap dapat melahirkan pelajar-pelajar sadar hukum, yang dapat menjadi agen perubahan (agent of change) di tengah masyarakat khususnya di lingkungan sekolah masing-masing, serta dapat menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara ditengah kehidupan masyarakat,” sambung Ristu. 

Baca Juga:

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2023, menelorkan Juara I SMA Negeri 1 Long Bangun atas nama Regina Corrysa Angin dan Welsen Febrianus Nalang.

Karya Ilmiah keduan berjudul Mereduksi Dampak Negative Bullying Melalui Games Humanis, Edukasi E-book STOP Bullying dan Komunitas Gab (Gerakan Anti Bullying) di Kabupaten Mahakam Ulu

Selanjutnya, sebagai Juara II juga diraih pelajar SMA Negeri 1 Long Bagun atas nama Rafael Geohever Lung dan Lintang Ayu Wibowo dengan Karya Ilmiah berjudul, Meningkatkan Kesadaran Hukum Undang-Undang Perlindungan Anak Dengan Program GERDU CETAKEAN.

Sedangkan Juara III diraih Mikael Savianus Madang dan Maria Oktaviani Wujin dari SMA Negeri Long Pahangai dengan Karya Ilmiah Korupsi.

Kepada Juara I, II dan III masing-masing memperoleh uang pembinaan. Untuk juara I sebesar Rp4,5 Juta. Juara II sejumlah Rp3,5 Juta, dan untuk juara III Rp2,5 Juta serta masing-masing mendapat piagam, dan plakat.

Ke depannya, para juara I, II dan III ini akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi bersama dengan para juara dari masing-masing Kabupaten/Kota seluruh Kaltim. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Siaran Pers

Editor: Lukman 

(Visited 70 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!