Pemdes Tani Harapan Gelar Pelatihan Pemberdayaan Poktan

Ismail: Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

0 94

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Pemerintah Desa (Pemdes) Tani Harapan, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pelatihan Pemberdayaan Kelompok Tani (Poktan) yang ada di wilayah Desa setempat di Balai Pertemuan Umum ( BPU), Selasa (14/11/2023).

Kepala Desa Tani Harapan Ismail dalam sambutannya mengatakan, keberadaan kelompok tani dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan melatih anggotanya di Bidang Pertanian, untuk program ketahanan pangan masyarakat.

“Ketahanan pangan yang kita inginkan adalah dapat terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga, dengan tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau,” kata Ismail.

Selain itu, lanjut Ismail, pelatihan kelompok tani ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan hasil Pertanian, Pertanian yang cocok di Desa dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Pemerintah Desa memiliki peranan penting dalam pembangunan Pertanian, guna menghasilkan hasil Pertanian yang cocok bagi warga Desa,” ungkap Ismail.

Baca Juga:

Jasmingan selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Tani Harapan mengharapkan, agar nantinya kelompok tani yang mengikuti pelatihan bisa memberikan edukasi kepada anggotanya, dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman pangan.

Pekarangan yang disebutnya sebagai ekosistem Pertanian. Pekarangan biasanya ditanami berbagai jenis tanaman seperti tanaman pangan, sayuran, obat, serta rumput untuk ternak.

“Selain tanaman di pekarangan juga bisa memelihara berbagai jenis hewan, sehingga pekarangan dapat dikatakan sebagai ekosistem Pertanian,” jelasnya.

Jasmingan mengatakan, pekarangan juga bisa dijadikan1 sebagai sumber gizi keluarga.

“Pekarangan memiliki peranan penting bagi pemenuhan gizi keluarga, terutama bagi masyarakat pedesaan. Pekarangan juga dapat ditanami berbagai sumber pangan sehingga pekarangan biasa disebut juga lumbung hidup, warung hidup, dan apotek hidup untuk menghasilkan bahan pangan,” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 89 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!