Kades Tani Harapan Minta Diarsip Kukar Rutin Evaluasi Kearsipan

Ismail: Kami Baru Pertama Kali Ada Evaluasi

0 102

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Nor Hairi, Kabid Pembinaan dan Pengawasan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dengan tegas menggarisbawahi perlunya dilakukan pencanangan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai tata kelola kearsipan di setiap Desa di wilayah Kukar.

Menurutnya, kegiatan besar seperti ini membutuhkan penyampaiannya yang lebih optimal, oleh karena itu, ia mengusulkan penerapan Bimtek per Desa sebagai langkah untuk meningkatkan efektivitasnya.

“Pencanangan ke depannya itu kalau kegiatan secara besar kan tidak maksimal ya penyampaiannya, jadi akan kita coba Bimtek mereka, per Desa supaya lebih efektif,” ujar Nor usai Sosialisasi Gerakan Tertib Arsip di Ballroom Hotel Puri Senyiur, Samarinda, Senin (27/11/2023).

Pendekatan Bimtek per Desa, lanjutnya, dapat menjadi solusi untuk memastikan pesan yang disampaikan dapat diterima dan diimplementasikan dengan baik oleh masyarakat Desa.

“Pendekatan ini diharapkan dapat memaksimalkan manfaat, dari upaya pembinaan dan pengawasan terkait kearsipan,” bebernya.

Baca Juga:

Senada, Ismail SH, Kepala Desa Tani Harapan di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, memberikan dukungan penuh terhadap pencanangan Bimtek tersebut.

Menurut Ismail, sangat penting agar pihak Kabupaten secara rutin menyelenggarakan sosialisasi dan memberikan pengawasan kepada petugas arsip di tingkat Desa.

Ia berpendapat, bahwa evaluasi yang dilakukan di Tani Harapan yang sebelumnya pernah dilaksanakan, telah mengungkapkan beberapa kekurangan, khususnya terkait fasilitas yang belum lengkap.

“Kami baru pertama kali ada evaluasi, saya minta ini lebih ditingkatkan. Karena kalau jarang ada pembinaan, ya kami anggap bahwa apa yang kami lakukan sudah benar,” tutupnya.

Dengan demikian, ia mendorong agar upaya pembinaan dan sosialisasi dapat ditingkatkan, sehingga Desa-Desa di Kukar dapat lebih baik dalam menjalankan tata kelola kearsipan mereka secara digital sebagaimana Program Dedikasi Idaman. (DETAKKaltim.Com/ADV/ProKom Kukar)

Penuli: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 97 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!