Pemdes Batuah Gelar Lomba Fashion Sampah Daur Ulang

Rasyid: Wujud dan Tanggung Jawab Kita Kepada Lingkungan         

0 154

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah terus mengedukasi dan mengkampanyekan kepada warga tentang upaya mengurangi sampah di lingkungan Desa Batuah. Salah satunya dengan menggelar lomba Fashion Daur Ulang, yang dihelat di Gedung Balai Pertemuan (BPU) Desa Batuah.

Lomba tersebut dilaksanakan dengan harapan bisa menjadi ajang untuk sosialisasi pemanfaatan sampah, sehingga sampah bekas di Desa Batuah tidak lagi dipandang tak bernilai, namun bisa dijadikan karya yang memiliki nilai dan dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah.

“Kalau warga diajak dengan cara yang asyik, lebih gampang diterima dan lebih banyak yang berminat,” kata kepala Desa Batuah Abd Rasyid saat memberikan hadiah bagi pemenang lomba Fashion Daur Ulang, Selasa (14/11/2023).

Rasyid menyampaikan apresiasi, atas terselenggaranya kegiatan lomba ini. Menurutnya, lomba ini sangat bermanfaat dan memiliki makna yang luar biasa sekali. Pasalnya, lomba ini juga menjadi wadah sosialisasi untuk menanamkan kesadaran diri kepada masyarakat, bahwa lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

“Lomba Daur Ulang Sampah merupakan satu wujud dan tanggung jawab kita kepada lingkungan,” jelas Rasyid lebih lanjut.

Baca Juga:

Sementara itu, Agus Priyono salah satu juri menyampaikan, banyak peserta yang secara tampilan sangat baik. Namun bahan yang dipakai masih tergolong bukan sampah bekas atau hasil daur ulang, sehingga dinilai keluar dari kriteria yang diharapkan dari lomba yang diadakan.

Agus menambakan, lomba daur ulang sampah, peserta diwajibkan menciptakan inovasi baru, dan yang paling terpenting adalah keindahan karya, kreativitas, estetika, dan ketahanan.

Kami ingin karya yang bisa memberi inspirasi dan manfaat. Lomba ini menjadi ajang kampanye mengurangi sampah,” tutupnya.

Vania Aqilatus Solika selaku pemenang pertama Lomba Fashion Sampah Daur Ulang dengan wajah sumringah tak menyangka akan menjadi pemenang

“Saya senang dan tak menyangka akan menjadi pemenang dalam lomba fashion daur ulang,” kata Vania.

Vania berharap agar Pemerintah Desa Batuah sering mengadakan Lomba Fashion Sampah Daur Ulang, karena dinilai sangat menginspirasi kalangan muda untuk berkreasi dan berinovasi. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 147 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!