Kadis PPK UKM Bantah Isu Beras Plastik Beredar di Kaltim

Heni: Di Kaltim Tidak Ada Kita Temui

0 116

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Selain dipasok dari dalam negeri, Beras juga dipasok dari luar negeri, dengan impor Beras bagi memenuhi kebutuhan di dalam negeri termasuk di Kaltim. Hal inilah yang menimbulkan kerawanan akan beredarnya beras plastik berbahaya bagi kesehatan, yang baru – baru ini ramai diperbincangkan di media sosial.

Menanggapi isyu Beras plastik ini, Heni Purwaningsih Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Timur belum lama ini membantah, menurutnya hal tersebut tidak benar.

Karena menurutnya, mekanisme Beras impor asal dari Beras plastik tersebut, masuk ke Kaltim  dengan melalui  prosedur pemeriksaan.

“Untuk Beras dari luar negeri, secara nasional ada di Pemerintah Pusat di Kementerian. Dimana untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Kementerian atau Pemerintah Pusat, mengambil langkah impor Beras tersebut,” tuturnya.

Baca Juga:

Impor Beras  yang masuk ke Kaltim, lanjutnya, setiap tahunnya adalah sebesar kurang lebih 200 ribu ton. Adapun pendistribusiannya ke masing-masing Provinsi, diatur oleh Pemerintah Pusat juga.

“Jadi kita di daerah tinggal mendistribusikannya, sesuai dengan penugasan yang diterima oleh masing-masing Bulog. Untuk itu kita  kerja sama intens dengan Bulog, untuk mendistribusikannya,” bebernya.

Begitu juga Dinas Kabupaten/Kota, masih kata Heni, seperti Dinas Perdagangan dan juga UPT Pengelola Pasar dan sebagainya ada timnya.

“Kita monitoring peredaran Beras setiap hari di pasar, sehingga kalau ada Beras plastik tersebut di pasaran akan segera diketahui. Dan dari hasil pantauan kami, sejauh ini di Kaltim tidak ada kita temui yang namanya Beras plastik tersebut.” tutup  Heni. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kaltim)

Penulis : @my

Editor: Lukman

(Visited 110 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!