DP3A Kukar Minta PUG Diimplementasikan dalam Sistem Penganggaran

Bambang: Kita Bisa Memilah Sudah dari Awal

0 90

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Bambang Arwanto targetkan implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam sistem penganggaran.

Dalam artian, seluruh sistem anggaran ke depan di Kukar akan berbasis gender. Sembari menekankan manfaat pembangunan bagi perempuan.

“Target kita itu sebenarnya bagimana supaya PUG diimplementasikan, dalam sistem penganggaran. Semua anggaran kita itu berbasis gender. Jadi kita mau bawa, apa sih manfaat pembangunan buat perempuan,” jelas Bambang dalam Rakor PUG di Hote Ibis Samarinda, Selasa (14/1120/2023).

Dengan diterapkannya hal tersebut, pemerintah dapat sedari dini melakukan pemilahan. Sebab perempuan menurutnya, juga harus untuk diberdayakan.

“Kita bisa memilah sudah dari awal, perempuan itu juga memang harus kita berdayakan dalam kegiatan pembangunan mulai dari perencanaan, evaluasi, sampai dengan partisipasi mereka,” bebernya kepada pewarta media DETAKKaltim.Com.

Baca Juga:

Indonesia, lanjut dia, merupakan negara yang termasuk memiliki kultur patriarki yang kuat. Dimana laki-laki dominan dalam seluruh aspek.

“Makanya penting untuk kita melakukan ini, supaya perempuan bisa punya hak yang sama dengan laki-laki,” tuturnya.

Akhir kesempatan ia kembali menegaskan, mulai dari penganggaran, kehidupan pemerintahan, hingga kehidupan bermasyarakat, harus mengutamakan prinsip-prinsip berbasis kesetaraan gender.

Rakor PUG ini menurutnya juga menekankan PUG di tingkat Kecamatan, sebab pihak tersebutlah yang dapat memetakan wilayahnya.

“Memang kan sebenarnya yang kita ketahui, Kecamatan yang punya wilayah, mereka yang bisa memetakan itu semua, jadi target kita kali ini memang pihak Kecamatan.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 87 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!