Pendataan Kemiskinan Kukar Terkendala Proses Verifikasi

Muslik: Macam-Macam di Lapangan

0 94

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Dalam prosesnya menanggulangi kemiskinan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara (DKP Kukar) ungkap kendala yang kerap kali terjadi di lapangan.

Disampaikan Kepala DKP Kukar Muslik, kendala yang dihadapi cukup beragam, salah satunya adalah terkait keakuratan data dan terlibatnya banyak pihak dalam proses verifikasi, seperti Dinas Sosial (Dinsos) hingga Kecamatan.

“Sejauh ini kendala macam-macam di lapangan, karena untuk mendapatkan data itu kan verifikasinya dari banyak pihak. Misalnya Dinsos, hingga kecamatan itu sendiri,” jelas Muslik di sela-sela pelatihan dan sertifikasi GCIO di Hotel Mercure, Rabu (8/11/2023).

Dari data yang telah diperoleh, tampak bahwa kendala utama muncul ketika melakukan verifikasi kelayakan. Penentuan kelayakan ini tidak dapat dilakukan secara independen, mengharuskan keterlibatan dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Macam-macam kendalanya, karena kita lihat lagi dari data yang ada. Kita lakukan verifikasi layak tidaknya, penentuannya tidak bisa sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga:

Dengan menghadapi kendala-kendala tersebut, kerja sama antar instansi menjadi kunci utama dalam menanggulangi permasalahan dan memastikan. Bahwa data yang menjadi dasar dalam program penanggulangan kemiskinan, memiliki validitas yang tinggi.

“Kerja sama antar instansi menjadi kunci dalam menangani kendala tersebut, dan memastikan data yang digunakan dalam program penanggulangan kemiskinan adalah valid,” bebernya.

Kendala lainnya ketika di lapangan, diungkap Muslik, adalah Nelayan yang tidak termasuk dalam kategori, namun tetap ingin menerima bantuan.

“Banyak yang tidak layak seharusnya, namun menerima. Ingin juga bantuan-bantuan pemerintah melalui fasilitasi Nelayan, bisa di situ. Tapi tidak di program pengentasan kemiskinan, karena harus sesuai dengan kondisi saat ini.” pungkas Muslik. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 91 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!