1.750 Keluarga Pra Sejahtera Difasilitasi DKP Kukar

Muslik: Untuk Pengentasan Kemiskinan

0 81

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara, persoalan kemiskinan terus disoroti Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara (DKP Kukar).

Kepala DKP Kukar Muslik menegaskan, dari 5.504 keluarga pra sejahtera yang terdapat di Kukar, pihaknya telah memverifikasi kurang lebih 2.500 diantaranya dan fasilitasi 1.750 keluarga.

“Kami itu terkait dengan penanganan penanggulangan kemiskinan, tahun ini ada kurang lebih 1.750 yang kami fasilitasi dari data yang kami verifikasi, yakni 5.604 keluarga pra sejahtera,” ujar Muslik saat ditemui dalam acara Pelatihan dan Sertifikasi GCIO di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (8/11/2023).

Muslik mengakui, bahwa hal ini telah dilakukan DKP Kukar selama dua tahun terakhir. Kepada masyarakat yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Dua tahun terakhir sudah kita fasilitasi, untuk pengentasan kemiskinan itu ada kurang lebih 1.750 orang, yang bersumber data dari DTKS,” bebernya.

Baca Juga:

Ia menekankan bahwa Bupati Kukar turut mendukung hal ini, dimana DKP Kukar terus gencarkan program, seperti memfasilitasi Nelayan kurang mampu.

“Pak Bupati juga mendorong, DKP Kukar terus fasilitasi Nelayan miskin, seperti Mesin Ketinting,” ujarnya.

Besar harapannya agar ke depan DKP Kukar dapat terus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, anggaran untuk tahun 2024 pun sudah dinaikkan.

“Kita berharap sisanya nanti tahun depan kita verifikasi lagi, dan juga kita sudah ajukan anggarannya untuk itu, asumsi kami nanti mungkin di kisaran angka 750,” ungkap Muslik.

Ia mengakui bahwa persoalan kemiskinan sangat dinamis, oleh karenanya perkembangan hal tersebut akan terus dipantau DKP Kukar.

“Kita akan lihat data itu berkurang atau bertambah. Nanti kita lihat lagi setelah kita verifikasi mendalam.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 75 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!