Ribuan Meninggal Jelang Pemilu, Disdukcapil Kukar Bersihkan Data DPT

7.889 Penduduk Meninggal Telah Dihapus dari DPT Selama Tahun 2023

0 96

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah memberikan perhatian khusus terhadap pembersihan data pemilih, terutama data penduduk yang telah meninggal dunia.

Langkah ini diambil menjelang Pemilihan Umum (pemilu) Presiden, Wakil Presiden, dan Legislatif yang semakin mendekat.

Kepala Disdukcapil Kukar Muhammad Iryanto mengungkapkan, tujuan dari pembersihan data ini adalah untuk memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bebas dari kesalahan dan potensi penyalahgunaan data.

“Selama tahun 2023, sebanyak 7.889 data penduduk yang telah meninggal dunia telah berhasil dihapus dari DPT, dengan kerja sama bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar,” ujar Iryanto, Senin (6/11/2023)

Baca Juga:

Oleh karenanya, upaya ini diambil untuk menghindari potensi masalah yang dapat muncul, termasuk peningkatan angka Golongan Putih (Golput) dan potensi penyalahgunaan hak suara oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Iryanto menegaskan bahwa pembersihan data seperti ini adalah inisiatif baru yang didasarkan pada arahan Bupati, dengan tujuan menciptakan demokrasi yang lebih baik.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa proses pendataan penduduk masih berlanjut di Kutai Kartanegara, menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa jumlah penduduk dan DPT sesuai dengan data yang akurat.

Keakuratan pencatatan jumlah penduduk memiliki peran krusial dalam menghindari perbedaan data, antara jumlah penduduk dan DPT.

Untuk itu, Iryanto menekankan komitmen Disdukcapil untuk menyelenggarakan Pemilu yang berkualitas dan menjaga integritas data pemilih demi mendukung demokrasi yang lebih baik di wilayah tersebut.

“Pendataan penduduk di Kukar sebagai dasar acuan akan terus kami lakukan, dalam rangka menyusun Daftar Pemilih Tetap dalam persiapan Pemilu tahun depan.” tutupnya. (DETAKKaltima.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 93 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!