Warga Desa Purwajaya Gotong Royong Bangun Turap

Pelaksanaan Kegiatan Program Rp50 Juta per RT

0 117

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Pemerintah Desa Purwajaya untuk Tahun Anggaran 2023 sudah merealisasikan Program Rp50 Juta per RT tahap Pertama, dalam pelaksanaannya sudah melaksanakan sesuai petunjuk teknis.

Menurut Kepala Desa Purwajaya Adi Sucipto saat ditemui di ruangannya, bahwa Program Rp50 Juta per RT ini bukan berupa dana segar, namun dalam bentuk program dan kegiatan di lingkungan RT.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan gotong royong melibatkan masyarakat, sedangkan pelaksanaan dengan pola padat karya prioritas melibatkan warga berpenghasilan rendah.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk Tahap Pertama adalah kegiatan Penurapan Gang Turi dengan anggaran Rp3.900.000,- untuk pelaksanaannya dengan sistem gotong royong dengan melibatkan masyarakat RT setempat.

“Jadi Program Rp50 Juta per RT merupakan bentuk penguatan peran dan fungsi para Ketua RT, keberadaan program ini harus benar-benar dikawal dengan baik, sehingga bisa dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat diwilayah RT,” jelas Adi, Selasa (7/11/2023).

Sementara itu, Leni selaku Pelaksana Pengelola Keuangan Desa (PPKD) Program Rp50 Juta per RT menjelaskan, untuk pelaksanaan kegiatan perbaikan infrastruktur skala kecil di wilayah RT setempat sesuai petunjuk teknis, hanya menganggarkan pengadaan barang tidak ada pengadaan jasa.

“Jadi setiap kegiatan di wilayah RT, pelaksanaannya dengan sistem gotong royong,” ungkap Leni.

Baca Juga:

lebih lanjut Leni menjelaskan, untuk tahun 2023 Tahap Pertama, selain smartphone untuk Ketua RT, Program Rp50 Juta per RT juga akan difokuskan ke perbaikan infrastruktur skala kecil melalui gotong royong.

Dengan pemanfaatan anggaran yang digalakkan untuk gotong royong, warga bisa merasakan manfaatnya dengan perbaikan-perbaikan infrastruktur kecil seperti Kegiatan Penurapan Gang Turi RT 14 Desa Purwajaya.

Di tempat terpisah, Ketua RT 14 Suwardi saat ditemui di lokasi kegiatan Penurapan GangTuri mengatakan, pelaksanaan kegiatan Penurapan Gang Turi RT 14 dengan anggaran Rp3.900.000,- hanya untuk belanja barang.

Sementara untuk pelaksanaannya dengan sistem gotong royong, dengan melibatkan masyarakat RT setempat.

“Dengan kegiatan gotong royong ini, kami harapkan dapat membuat penganggaran dana itu betul-betul tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya.” tandas Suwardi. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 111 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!