Samboja Barat Siap Wujudkan Program Lumbung Padi Kukar

Budiyanto: Sesuai Program Bupati

0 101

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan dorongan kepada seluruh Kecamatan untuk menguatkan Sektor Pertanian, dalam rangka mewujudkan Kukar sebagai Lumbung Padi Provinsi Kaltimantan Timur.

Budiyanto, Sekretaris Camat Samboja Barat mengatakan, wilayahnya yang termasuk dalam Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, siap untuk berperan aktif dalam mewujudkan program yang telah diinisiasi Bupati Kukar tersebut.

Samboja Barat juga diakuinya, memiliki potensi yang sangat signifikan untuk pengembangan Sektor Pertanian, sekaligus sebagai Kecamatan di Kukar yang mampu mendukung kebutuhan pangan di wilayah IKN.

“Sesuai program Bupati, bahwa Kabupaten Kukar ini akan menjadi Lumbung Padi. Jadi kami dari Kecamatan Samboja juga berupaya agar bagaimana Pertanian di Samboja Barat bisa mendukung program tersebut,” tuturnya kepada DETAKKaltim.Com usai Pelatihan Tim Evaluasi APBDesa dan APBDesa Perubahan, Verifikasi Pertangggungjawaban Desa di Hotel Fugo Samarinda beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Kendati demikian, perlu ditekankan bahwa pemetaan yang menyeluruh mengenai potensi dan peluang perkembangan Sektor Pertanian di Kukar harus dilaksanakan sebelum memulai program ini.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa alokasi anggaran pembangunan efektif, dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, Sekcam Samboja Barat tersebut menyampaikan bahwa Petani di daerahnya saat ini kesulitan dalam hal pengairan.

“Kalau selama ini sih yang menjadi permasalahan itu ya Pengairan, karena kami lebih memanfaatkan hujan. Kalau memang pas musim kemarau, ya pasti yang dikeluhkan itu ketika tidak ada hujan.” tandas Budiyanto. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 93 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!