Pemdes Tani Harapan Gelar Pelatihan Kader Posyandu dan KPM

Ismail: Untuk Intervensi Stunting

0 38

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Sebanyak 35 Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) mengikuti Kegiatan Pelatihan Identifikasi Calon Pengantin (Catin) serta Pemantauan Tumbuh Kembang Balita.

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum ( BPU) Desa Tani Harapan tersebut, berlangsung mulai tanggal 1 November  sampai 3 November 2023.

Kepala Desa Tani Harapan Ismail mengatakan, pelatihan diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader Posyandu dan KPM dalam melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan Balita di Posyandu. Sehingga dapat mengetahui penyimpangan tumbuh kembang yang tidak sesuai, dengan keadaan normal seawal mungkin.

“Kegiatan pemantauan tumbuh kembang ini sangat penting, untuk mengetahui penyimpangan pertumbuhan pada anak sehingga dapat segera dilakukan intervensi,” tutur Ismail.

Baca Juga:

Ismail menambahkan, kegiatan pemantauan pertumbuhan pada Balita sangat tergantung pada instrumen atau alat ukur yang digunakan.

Selain itu, tambah Ismail, Kemenkes juga telah menyusun instrumen penilaian tumbuh kembang untuk anak umur 0-6 tahun yang diuraikan dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang selalu diperbaharui mengikuti perkembangan ilmu.

Sehingga diharapkan buku ini dapat digunakan secara luas baik oleh keluarga, masyarakat, fasilitas pelayanan kesehatan, dan semua pemangku kepentingan sebagai satu-satunya instrumen pencatatan dan pelaporan kesehatan ibu dan anak.

“Harapan kami, kader Posyandu dapat melaksanakan kegiatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan Balita di Posyandu, terampil menggunakan alat antropometri yang terstandar dan menggunakan buku KIA sebagai alat pencatatan dan pelaporan, serta dapat memasyarakatkan penggunaan buku KIA secara luas.” jelas Ismail menandaskan. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 32 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!