Data Angka Kemiskinan Kukar 61 Ribu Jiwa Tidak Valid

Taufik: Masih Belum Valid

0 82

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Angka kemiskinan di Kukar yang selama ini terekspos, menurut Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat tidak valid.

Sumber: DPKP3A Kaltim.
Sumber: DPKP3A Kaltim.

Ia menjelaskan, data mengenai tingkat kemiskinan di wilayah tersebut masih berada dalam tahap pemrosesan yang sedang berlangsung. Kabupaten Kukar terus bekerja keras untuk memperbaiki, dan menyempurnakan data tersebut agar mencerminkan situasi yang sesungguhnya.

“Kalau berkaitan dengan angka kemiskinan itu kan terkait data. Data itu masih diproses dan Kukar sedang melalukan perbaikan data,” terang Taufik Hidayat kepada pewarta media DETAKKaltim.Com.

Data yang saat ini tersebar, lanjut dia, belum bisa dikatakan valid. Sebab terdapat perbedaan dari yang selama ini Pemerintah Daerah (Pemda) telah lakukan.

“Data yang ada ini masih belum valid, ada perbedaan kan yang sudah Pemda lakukan dengan sekian dana yang sudah digelontorkan,” bebernya.

Terlebih menurutnya, dengan penurunan yang kurang signifikan, yakni 0,0 sekian persen.

“Itu yang perlu dilakukan semacam validasi data lagi,” tandasnya usai FGD Penguatan TKKSD di Hotel Mercure Samarinda, Jum’at (20/10/2023).

Baca Juga:

Kabupaten Kukar, lanjut Taufik, berkomitmen untuk menghasilkan data yang lebih valid dan representatif dalam menentukan tingkat kemiskinan di daerahnya, sehingga kebijakan dan program-program yang tepat dapat dijalankan untuk mengatasi masalah kemiskinan dengan lebih efektif.

Sebelumnya, Sekda Kukar Sunggono saat membuka Rakor Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2023 di Hotel Harris Samarinda, mengungkapkan angka kemiskinan di Kukar mencapai sekitar 61 ribu jiwa, Senin (16/10/2023).

Angka kemiskinan itu disebutkan tersebar di setiap Kecamatan. Tingkat kemiskinan di Kukar mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir dari 7,9 persen ke 7,6 persen dan terakhir 7,3 persen. Mengalami penurunan sekitar 0,35 persen dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPKP3A) Kaltim, jumlah penduduk Kutai Kartanegara hingga Semester II Tahun 2022 sebanyak 778.096 jiwa. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 69 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!