Komitmen DPRD Kaltim Dukung Penanaman Nilai-Nilai Pancasila

Samsun: Perlu Peran Seluruh Pihak Termasuk DPRD

0 49

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Rapat Paripurna (Rapur) Ke-35 telah dilaksanakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim, Senin (25/9/2023).

Salah satu agenda Rapur tersebut, mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Dimana agenda pada rapat tersebut antara lain, Pertama; Penyampaian Laporan Akhir Hasil Kerja Pansus Pembahas Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD Provinsi Kalimantan Timur, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancaslla dan Wawasan Kebangsaan.

Kedua; Persetujuan DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancaslla dan Wawasan Kebangsaan Menjadi Peraturan Daerah.

Dan Ketiga; Pendapat Akhir Kepala Daerah Terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Baca Juga:

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, DPRD telah menyusun Ranperda tersebut dengan sungguh-sungguh untuk mencerminkan komitmen yang kuat, dalam upaya mendukung penanaman nilai-nilai luhur Pancasila, khususnya kepada generasi muda di wilayah Kalimantan Timur.

“Juga sebagai bentuk konsen dan kepedulian terhadap penanaman nilai-nilai luhur Pancasila, khususnya kepada generasi muda Kaltim,” ujarnya dalam Rapur Ke-35, di Gedung Utama DPRD Kaltim.

Raperda ini memiliki tujuan yang sangat penting, lanjut politisi PDIP ini, yaitu memastikan bahwa pendidikan di Kaltim tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga memberikan perhatian yang signifikan pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila serta Wawasan Kebangsaan

Pelajaran tentang Pancasila dan Wawasan Kebangsaan juga menurutnya masih sangat minim, sebab itu diperlukan adanya peningkatan.

“Perlu peran seluruh pihak termasuk DPRD, untuk mengambil peran dalam melakukan pembinaan dan penyebarluasannya.” tandas Samsun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 46 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!