Peresmian Jaringan PLN di Kelurahan Senipah Dihadiri Wakil Ketua DPRD Kaltim

Diresmikan Wakil Bupati Kukar, Mampu Suplai 50 Rumah

0 134

DETAKKaltim.Com, SENIPAH: Rendi Solihin, Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) dan PLN UP3 Balikpapan meresmikan penyediaan listrik di RT 9, Senipah, sebagai bagian dari Program Terang Kampungku, Jum’at (29/12/2023).

PLN membangun jaringan listrik sepanjang 4,7 Km dengan gardu kapasitas 100 KVA, yang mampu menyuplai listrik hingga 50 rumah.

Kedatangan Wakil Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten disambut antusias masyarakat Senipah, menyatu rasa bahagia dan haru setelah sekian lama menanti listrik. Sejumlah warga bahkan menyuarakan rasa syukur dengan sujud, saat listrik pertama kali menyala di RT 9.

Kartini, salah seorang warga menyampaikan bahwa akses listrik yang stabil akan membantu anak-anaknya belajar di malam hari. Sejak 2006, mereka mengandalkan Genset yang tidak bisa digunakan 24 jam. Momen ini dianggap langkah positif, untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan di komunitas tersebut.

Murni, Ketua RT 9 Sanipah, melaporkan bahwa 30 rumah dan sebuah masjid telah menerima listrik, sementara beberapa rumah dan Posyandu masih menunggu.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati atas dukungannya dan berharap ada peningkatan fasilitas di masa depan, termasuk pembangunan jalan,” sambungnya.

Baca Juga:

Kepala Dinas Perhubungan Kukar Junaidy menjelaskan, kerja sama masyarakat termasuk pengorbanan pohon-pohon milik warga untuk jalur listrik, merupakan faktor penting dalam terwujudnya proyek ini.

Manager PLN UP3 Balikpapan Badruz Zaman mengatakan kebahagiaannya, melihat listrik mengalir ke rumah-rumah warga. Ia menjamin ketersediaan listrik 24 jam, dan kesiapan petugas untuk menangani masalah.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun yang turut hadir dalam acara peresmian aliran listrik tersebut mengatakan kegembiraannya, atas terwujudnya aliran listrik yang akan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat.

Dalam konteks ini, Samsun mengatakan pihaknya juga berkomitmen untuk prioritas peningkatan penerangan dan perencanaan jalan umum melalui dana APBD. Proyek ini dijadwalkan untuk terealisasi pada bulan Pertama, atau sesuai dengan perencanaan yang masih dalam tahap penyempurnaan.

“Selain listrik, kami juga fokus pada peningkatan infrastruktur umum. Rencana penerangan dan perbaikan jalan umum dari APBD akan menjadi perhatian utama kita dalam waktu dekat,” tutur Samsun.

Diharapkan manfaat aliran listrik dan proyek infrastruktur lainnya akan segera dirasakan masyarakat setempat, dan membawa dampak positif bagi perkembangan wilayah ini. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 125 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!