Kaltim Kekurangan Dokter, 2 PT Akan Buka Fakultas Kedokteran

Fahmi: Saya Lagi Menunggu Kapan Diresmikannya

0 131

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pada tahun ini, menurut rencana akan ada dua Perguruan Tinggi (PT) di Kaltim yang akan membuka Fakultas Kedokteran yakni Universitas Balikpapan dan Program Studi Kedokteran di Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Jaya Mualimin berharap, pembukaan Program Kedokteran ini dapat mencetak Dokter baru untuk mencukupi rasio kebutuhan dokter di Kaltim.

“Saya lagi menunggu kapan diresmikannya, kalau sudah resmi, berarti ada peningkatan Program  Kedokteran, “ terang Jaya beberapa waktu lalu.

Jaya mengakui, saat ini secara nasional masih kekurangan Dokter apalagi untuk wilayah Kaltim. Sehingga butuh untuk mencetak Dokter baru yang  akan disebarkan ke semua daerah di Kaltim, yang memang kekurangan Dokter.

“Rasionya kan seharusnya satu banding 100 ribu untuk Dokter spesialis, walau rasio Dokter kita itu sudah hampir mencukupi,” ungkap Jaya.

Baca Juga:

Menurut Jaya, meski Dokter Spesialisnya sudah cukup, tetapi ada beberapa sub spesialis yang masih kekurangan Dokter.

“Jumlah seluruh tenaga kesehatan di Kaltim ada sekitar 15 ribu, untuk Dokternya sekitar 3.500,” bebernya. 

Dengan akan dibukanya dua Perguruan Tinggi tersebut, lanjutnya, maka akan ada tambahan Dokter  sekitar 150 orang. Meskipun pada tahap Pertama butuh waktu 5 sampai 6 tahun untuk menciptakan Dokter baru.

“Jadi tahun ini masih tetap dihasilkan sekitar 75 Dokter, tahun  depan tetap 75 Dokter juga. Harapannya pada tahun Kelima baru nanti ada sekitar 150 Dokter baru,“ urai Jaya. 

Iapun berharap bisa tercipta perbandingan yang ideal antara tenaga Dokter dan masyarakat.

“Kita doakan agar tercapai perbandingan yang ideal antara Dokter dengan masyarakat. Kalau Dokter umum, rasio Dokternya satu banding Seribu.  Alhamdulillah, kita tinggal sedikit untuk mencapai rasio ideal.“ pungkas Jaya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kaltim)

Penulis : @my

Editor: Lukman

(Visited 126 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!