HKN Ke-59, Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju 

Jaya : Pasca Covid – 19, Banyak PR Kesehatan 

0 29

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Transformasi  Kesehatan menuju Indonesia Maju, menjadi tajuk dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang Ke-59 tahun. Terlebih karena ini adalah momen pasca Covid 19, dimana Indonesia dihadapkan pada berbagai permasalahan kesehatan, terutama kesehatan global.  

Pemilihan tajuk melalui transformasi kesehatan, Kaltim ingin agar upaya kesehatan promotif dan preventif menjadi bagian yang sangat penting.

Demikian ditekankan dr Jaya Mualimin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim yang ditemui di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional, yang digelar di GOR Sempaja Samarinda, Sabtu (18/11/2023).

“Agar bisa memberikan solusi yang terintegrasi dari semua masalah, yang dihadapi di masa yang akan datang,“ terangnya.  

Jaya juga menyampaikan jika Provinsi Kaltim menyisakan banyak Pekerjaan Rumah (PR), dan  bertekad untuk menurunkan angka stunting yang merupakan PR yang harus di selesaikan. Karena angka stunting di Kaltim, masih di atas angka nasional.

Baca Juga:

Sebagai informasi stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak, dengan penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Kondisi stunting ini, ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Untuk itu Jaya berharap seluruh masyarakat Kaltim,  menjaga kesehatan ibu dan anak.

Termasuk menggalakkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan berolahraga, bergerak untuk menghindari faktor resiko penyakit.

“Kita tidak mau umur kita dipakai hanya untuk berobat dan berkonsultasi. Dan ini menjadi program Dinas Kesehatan kedepan,“ pungkas orang nomor satu di jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim tersebut. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kaltim)

Penulis : @my 

Editor: Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!