DRPD Bontang Apresiasi Upaya Pemkot Turunkan Angka Stunting

Raking: Saya Rasa Perlu Diapresiasi

0 69

DETAKKaltima.Com, BONTANG: Pengentasan stunting di Kota Bontang menjadi atensi Komisi 1 DPRD Bontang. Pasalnya, pada 2024 mendatang pemerintah mewajibkan prevalensi stunting di setiap daerah turun menjadi 14 persen.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Bontang Raking menilai, penanganan masalah stunting perlu dilakukan lebih spesifik agar program yang dijalankan tepat sasaran.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menangani stunting. Penanganan stunting pada tahun ini menurutnya, sudah cukup baik sehingga layak diapresiasi.

“Seluruh jajaran pemerintah sudah bekerja keras untuk menangani hal ini. Saya rasa perlu diapresiasi juga,” sebutnya, Selasa (21/11/2023).

Kata Raking, penanganan itu merujuk pada program yang telah bergulir. Seperti pemberian makanan bergizi tambahan, pembentukan orangtua asuh, bantuan perbaikan tempat tinggal keluarga dengan akses air bersih dan sanitasi yang layak, dan program operasi timbang yang baru berjalan pada 9 November lalu.

Dari program-program itu, lanjutnya, terbukti bisa menekan prevalensi stunting di Bontang. Tercatat dari 26 persen pada tahun 2021, turun 5 persen pada 2022.

Baca Juga:

Oleh karenanya, ia yakin angka itu akan kembali turun pada tahun ini. Meski demikian, ia meminta pemerintah untuk tidak mudah puas dengan hasil yang dicapai saat ini

Ia menyarankan pihak-pihak terkait bisa menelurkan pendekatan baru yang sifatnya lebih spesifik dan tepat sasaran, dengan cara diklasterkan melihat dari sumber masalahnya.

“Persoalan stunting ini jangan hanya diartikan dari pemenuhan makanan bergizi, tetapi faktor lingkungan juga mempengaruhi. Maksud saya di data, di kelompok-kelompokan sesuai masalahnya. Saya yakin cara itu efektif,” tandasnya.

Pemerintah Kota Bontang pada 9 November lalu, menggelar kegiatan operasi timbang serentak di 121 Posyandu di 15 Kelurahan sebagai upaya validasi data angka stunting di Kota Taman sebutan untuk Kota Bontang. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Bontang)

Penulis: Lb

Editor: Lukman

(Visited 62 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!