Malam Puncak Digital Idaman Award Tahun 2023

Reformasi Birokrasi Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik di Kukar

0 104

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Sejalan dengan 23 Program Dedikasi Idaman Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar acara Malam Puncak Digital Idaman Award (DIA) Tahun 2023 di Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong Seberang, Rabu (22/11/2023) malam.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kukar Dafip Haryanto, acara DIA tidak hanya sekadar penghargaan, melainkan juga bentuk apresiasi terhadap pihak-pihak yang berhasil mengembangkan inovasi digital berdaya guna tinggi bagi masyarakat.

“Inisiatif ini bertujuan mendorong penggunaan digitalisasi dalam layanan publik di seluruh perangkat daerah Kabupaten Kukar,” kata Dafip Haryanto.

DIA, kata Dafip, memiliki tujuan strategis dalam mewujudkan reformasi birokrasi. Transformasi digital di setiap aspek pelayanan publik diharapkan menjadi kunci keberhasilan, yang langsung dapat dirasakan masyarakat.

Kategori penghargaan DIA mencakup Pengelolaan Website Terbaik, Media Sosial Terbaik, dan SPan Lapor Terbaik untuk perangkat daerah. Untuk masyarakat juga mendapatkan penghargaan melalui Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kukar, dan Pemenang Hackathon Terbaik 2023.

DIA memberikan ruang bagi KIM untuk memanfaatkan digitalisasi, memungkinkan mereka berperan aktif dalam menyediakan informasi cepat, tepat, akurat, dan akuntabel mengikuti era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

Baca Juga:

Penilaian dimulai pada 10 November melibatkan Diskominfo Kukar dan juri DIA. Sebanyak 59 website dari perangkat daerah dievaluasi untuk memastikan update data, penyebaran informasi publik yang optimal, dan tampilan web yang menarik.

Edi Damansyah, Bupati Kukar mengapresiasi upaya Diskominfo Kukar dalam mendorong digitalisasi. Menurutnya, ini merupakan kemajuan positif yang memperbaiki penyelenggaraan pemerintahan.

Evaluasi dan konsistensi dalam menghadapi perubahan digital, kata Edi, sangat penting. Program DISAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik) mendapatkan apresiasi nasional, menandakan ketersediaan SDM yang handal dan daya saing yang tidak kalah.

Edi menekankan perlunya menjaga konsistensi dalam melaksanakan pemerintahan dengan model yang lebih cepat dan efisien melalui digitalisasi.

“Ini harus kita pertahankan dan harus dijaga dengan konsisten, bahwa hari ini penyelenggaraan pemerintahan itu tidak bisa kita laksanakan dengan model tradisional. Masyarakat menginginkan lebih cepat dan  pelayanan yang lebih baik, ya salah satunya adalah melalui digitalisasi,” ujar Edi Damansyah.

Malam Puncak DIA Tahun 2023 tidak hanya merayakan inovasi digital namun juga menjadi momentum untuk mendorong Kabupaten Kutai Kartanegara menuju pelayanan publik yang semakin modern, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Berikut pemenang Digitalisasi Idaman Award Tahun 2023:

  • Katagori Pengelolaan Website OPD
  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Dinas Perhubungan
  3. Dinas Pendapatan Daerah
  • Katagori Pengelolaan Media Sosial OPD
  1. Dinas Kesehatan
  2. Sekretariat Daerah
  3. RSUD AM Parkesit
  • Katagori Pejabat Pengelolaan Informasi Daerah (PPID)
  1.  RSUD AM Parikesit
  2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu pintu
  3. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
  • Katagori Pengelolaan SP4N Lapor
  1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Dinas Sosial
  3. Dinas Pekerjaan Umum
  • Katagori Video Kominitas Informasi Masyarakat (KIM)
  1. KIM Jahetan Layar
  2. KIM Catam
  3. KIM Mutiara Borneo
  • Terbaik Harapan KIM Motivasi WKG
  • Apresiasi KIM Fest

Katagori Hackton

  1. Kebanggaan Mama
  2. ANKCode
  3. Zero Team.  DETAKKaltim.Com/ADV/ProKom Kukar)

Penulis: NN

Editor: Lukman

(Visited 101 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!