Beasiswa Kukar Idaman Tahap Kedua Dapat Tambahan Rp5 Milyar

Kuota Penerima 983 Orang

0 108

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Beasiswa Kukar Idaman memasuki tahap kedua dengan penambahan anggaran Rp5 Milyar dengan kuota 983 penerima.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza saat ditemui menyebutkan, rencana sosialisasi akan dilakukan melalui Perguruan Tinggi di Kaltim, serta pembagian zona lokus di wilayah hulu, tengah, dan pesisir.

Pendaftar yang memenuhi syarat akan mendapatkan tidak hanya informasi, tetapi juga pendampingan langsung. Syaratnya adalah IPK 2,5 untuk Mahasiswa dan umur maksimal 50 tahun, serta maksimal semester 8 untuk Beasiswa 1.000 Guru Sarjana.

Sementara, lanjut Dendy, Mahasiswa S1 harus memiliki minimal IPK 3,0. Kategori stimulan melibatkan berprestasi akademik dan non-akademik, termasuk prestasi dalam Pramuka, olahraga, dan juara MTQ.

Sedangkan Beasiswa Stimulan yatim piatu pra sejahtera, memiliki persyaratan berbeda. Persyaratannya adalah menyertakan surat keterangan dari Dinas Sosial. Begitupun dengan Stimulan SMA/SMK sederajat.

“Kami tegaskan untuk tidak salah kamar. Untuk itu kami memberikan pendampingan langsung. Makanya kami juga sediakan template dan format untuk permudah pendaftar. Karena banyak yang gugur karena format tidak sesuai. Ikuti saja proses dan panduannya. Kalau memang tidak bisa, silahkan datang ke ruang pelayanan, akan kami damping,” kata Dendy, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:

Terkait pencairan dana, akhir Oktober untuk tahap Pertama dan minggu Kedua Desember untuk tahap Kedua.

“Program Beasiswa ini menjadi tonggak misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah dan Rendi Solihin dalam membentuk sumber daya manusia berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya,” jelas Dendy.

Di tempat terpisah, Kepala TK Melody Smart, Desa Purwajaya, Kecamtan Loa Janan Panca Ningtyas mengatakan, sangat mengapresiasi Program Beasiswa Kukar Idaman.

“Sangat membantu bagi guru-guru yang sedang menjalani kuliah Linier atau penyetaraan, termasuk dirinya yang mendapat Beasiswa Kukar Idaman tahap 1 sebesar Rp3.300.000,-untuk pembayaran semester ke tiganya,” ungkap Panca.

Hal senada juga disampaikan Christina Netti selaku guru di TK Melody Smart, yang mendapatkan Beasiswa Kukar Idaman tahap 1 sebesar Rp3.300.000,- untuk pembayaran semester ketiganya, yang sedang menjalani kuliah Linier atau penyetaraan di Universitas Terbuka Samarinda.

“Berharap Program Beasiswa Kukar Idaman terus berlanjut, karena dinilai sangat membantu bagi guru-guru yang sedang menjalani kuliah Linier atau penyetaraan.” pungkas Christina. (DETAKKaltim.Com/ADV/Prokom Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 96 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!