Legislator Bontang Dukung Pengembangan Wisata Pulau Gusung

Suharno: Kami Sangat Mendukung

0 86

DETAKKaltim.Com, BONTANG: Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Bontang berencana mengubah Pulau Gusung, menjadi kawasan objek wisata. Wacana tersebut bakal dimulai tahun depan.

Kepala Dispopar Bontang Ahmad Aznem mengatakan, hal itu sebagai bukti keseriusan pemerintah mengembangkan potensi wisata yang berada di Kota Bontang.

Dikatakan Aznem, berdasarkan hasil perencanaan, setidaknya untuk menyulap Pulau Gusung sebagai objek wisata baru membutuhkan total anggaran sebesar Rp24 Milyar. Itu sebabnya, pihaknya mengusulkan anggaran tersebut dalam APBD 2024 mendatang.

“Kami juga sangat berharap DPRD Bontang, mampu memberikan dukungan anggaran terhadap program tersebut,” harapnya.

Adapun pembangunan wisata di Pulau Gusung, dilakukan secara bertahap. Mulanya anggaran yang digelontorkan, lebih dulu digunakan untuk pembenahan Dermaga. Sebab, Dermaga sebagai akses mobilitas utama dalam melakukan kegiatan.

“Anggaran tahun depan untuk pembangunan Dermaga, insya Allah sudah terakomodir sekira Rp1,7 Milyar,” ujar Aznem.

Meski tidak menyebutkan secara detil, kata Aznem, skema wisata yang ditawarkan dari Pulau Gusung sebagai daya tarik tersendiri dari objek wisata lain ialah adanya kolam renang di atas laut. Kemudian, akan dilengkapi oleh Taman Anak-Anak.

Kendati demikian, cepat lambatnya pembangunan Pulau Gusung sebagai objek wisata menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

“Semua hal yang berpotensi menjadi wisata, bakal kami kembangkan secara berkala. Namun kami menyesuaikan anggaran yang ada. Sebab, anggaran saat ini belum diketuk artinya masih bersifat usulan,” jelasnya.

Baca Juga:

Anggota Komisi 2 DPRD Kota Bontang Suharno mengaku, sangat menyambut wacana pengembangan objek wisata di Pulau Gusung.

Sebab, dengan dikembangkannya wisata di Bontang bisa meningkatkan pengunjung luar daerah. Sehingga memiliki dampak positif terhadap perekonomian daerah.

“Tentu kami sangat mendukung program ini. Insya Allah, kami dukung melalui tambahan dana. Tapi perlu kami bahas dengan anggota lainnya,” ucapnya, Senin (20/11/2023).

Ia sangat mengapresiasi pemerintah, lantaran berusaha melakukan pemerataan dalam hal pengembangan objek wisata di Kota Bontang.

“Dengan pengembangan wisata, bisa menambah referensi pengunjung. Enggak melulu di situ-situ saja.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Bontang)

Penulis: Lb

Editor: Lukman

(Visited 82 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!