Dashboard Eksekutif, Antar OPD Kaltim Saling Berbagi Data

Faisal: Rumit

0 95

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal mencanangkan pembuatan dashboard eksekutif, yang dapat diakses oleh seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk memudahkan pimpinan OPD dalam saling berbagi data yang diperlukan.

Hal tersebut dilakukan, sebab menurutnya saling berbagi data antar OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) masih sangat sulit.

Bahkan saat ini proses untuk mendapatkan data antar OPD masih memerlukan surat resmi. Oleh karena itu, pembuatan dashboard eksekutif dianggapnya sebagai langkah yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

“Rumit, antar OPD kita minta data harus bersurat. Saya akan membuat dashboard eksekutif. Masa iya harus terus bersurat, tidak cocok di zaman sekarang ini,” ujar Faisal usai menjadi pembicara dalam Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Pembentukan PPID, Pelaksana Fakultas dan Unit di Lingkungan Universitas Mulawarman (Unmul), Senin (20/11/2023).

Baca Juga:

Meskipun mengakui bahwa membangun sistem ini memerlukan investasi yang signifikan, termasuk server yang lebih besar, tenaga IT, dan dana yang tidak sedikit, Muhammad Faisal memberikan dorongan kepada jajaran Pelaksana Fakultas dan Unit di Lingkungan Unmul untuk terus maju dan mengumpulkan data-data dasar.

“Kita harus maju, penuhi saja data-data dasar, pelan-pelan kita bangun,” bebernya.

Saat ditanya tentang kendala, Muhammad Faisal menyoroti pentingnya komitmen dari pimpinan sebagai kendala utama. Menurutnya, jika komitmen pimpinan sudah ada, membuka data tersebut menjadi lebih mudah. Ia berharap agar Unmul dapat terintegrasi dengan baik, termasuk dalam hal pembentukan PPID.

“Yang sulit itu komitmen pimpinan, ketika komitmen sudah oke, untuk membuka data sangat gampang. Diharapkan ke depan Unmul bisa terintegrasi, termasuk PPID-nya.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskoinfo Kaltim)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 94 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!