Sumber Sari, Desa dengan Potensi Pertanian Luar Biasa

Sutarno: Andalan Kami Adalah Padi

0 125

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), jadi produsen utama tanaman pangan di Kukar, dengan luas wilayah mencapai 1.416 hektar, yang hampir 80 persennya digunakan untuk Pertanian.

Untuk itu, Kepala Desa Sumber Sari Sutarno menegaskan bahwa Desanya sangat menonjol sebagai salah satu Desa dengan potensi Pertanian yang luar biasa.

Ia kemudian juga menekankan bahwa Sektor Pertanian, termasuk Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan, dan Perkebunan, turut menjadi sumber utama pendapatan warga Desa.

“Andalan kami adalah Padi, yang menghasilkan 4 hingga 5 ton setiap panen, dan dapat dipanen dua kali setahun,” ucap Sutarno, Minggu (5/11/2023).

Total produksi Padi, lanjutnya, dapat mencapai 80 ton per tahun. Kendati demikian pada musim kemarau, panen bisa turun hingga 50 persen.

Selain itu, Desa ini juga menghasilkan berbagai jenis Sayuran dan Hortikultura, seperti Bayam, Kangkung, Sawi, Kubis, Buncis.

“Terutama di RT 10 dan 9 dengan luas lahan mencapai 50 hektar. Itu kami pasarkan ke pasar dan tengkulak,” bebernya.

Baca Juga:

Sutarno menyoroti bahwa di Desa ini terdapat tujuh Penggilingan Padi yang membantu dalam proses pengolahan hasil panen. Namun pengelolaan hasil Pertanian masih ditangani oleh masyarakat sendiri.

“Kami berencana untuk melibatkan BUMDes dalam menampung dan mengelola hasil Pertanian, serta membantu Petani dalam pemasaran,” tuturnya.

Saat ini, BUMDes Sumber Sari terlibat dalam penjualan bahan bangunan, Sambodi (minuman tradisional), Obat-Obatan Pertanian, dan Pupuk. Sutarno berharap agar BUMDes dapat terus berkembang dan memberikan manfaat signifikan bagi warga Desa, khususnya bagi para Petani.

“Kami berkomitmen untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan Desa kami dengan memaksimalkan potensi Pertanian yang dimiliki.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: NN

Editor: Lukman

(Visited 117 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!