SDM Jadi Kendala Utama Desa Sebulu Ulu

Zul: Harus Diberikan Berbagai Macam Pelatihan

0 77

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kepala Desa Sebulu Ulu, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Zul Haidir ungkapkan tantangan yang dihadapi Desanya, untuk mengembangkan Sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan.

Ditegaskannya, meskipun potensi sektor-sektor tersebut tergolong besar, Desa Sebulu Ulu terkendala dalam persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) dan modal usaha.

“Diharapkan ada dukungan dari pemerintah atau pihak lain untuk meningkatkan kualitas SDM, terutama di kalangan pemuda Desa,” ujar Zul Haidir, Sabtu (4/11/2023).

Pemuda Desa, lanjutnya, masih sangat membutuhkan peningkatan keterampilan dan pengetahuan untuk mengelola usaha di Bidang Pertanian, Perikanan, dan Peternakan.

“Sumber daya manusia, khususnya pemudanya, harus diberikan berbagai macam pelatihan,” beber Zul Haidir.

Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya, Desa Sebulu Ulu mendapatkan bantuan Ternak Ayam Telur dan Perikanan dari pemerintah. Namun, pelaksanaan bantuan tersebut tidak berjalan lancar karena kurangnya kejelasan dalam sistem pembagian hasil dan pengembalian modal.

“Tidak berkembang juga Keramba, artinya setelah panen habis, tidak diputar lagi,” jelasnya.

Baca Juga:

Ia akhirnya rencana membentuk satu kelompok usaha terlebih dahulu. Kelompok ini akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan untuk mengembangkan usaha mereka.

Besar harapannya agar pendekatan ini mampu membuat usaha di Desa menjadi lebih berkelanjutan, meningkatkan ekonomi warga, dan menghindari kendala yang terjadi sebelumnya.

“Semoga ada bantuan apapun untuk warga kami agar bisa maju dan berkembang, meningkatkan ekonomi masyarakat.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: NN

Editor: Lukman

(Visited 69 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!