Wisata Alam dan Budaya Desa Sumber Sari Potensial

Sutarno: Diharapkan Bisa Dikelola oleh BUMDes

0 92

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Desa Sumber Sari yang terletak di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki sejumlah potensi wisata yang sangat menarik untuk dikembangkan.

Dua potensi wisata tersebut ialah wisata alam dan wisata budaya. Dimana pengembangan infrastruktur wisata Desa Sumber Sari akan mendapatkan bantuan dari Dinas Pariwisata dan OPD terkait, pada akhir tahun ini.

Kepala Desa Sumber Sari Sutarno mengakui, bantuan pengembangan Sektor Wisata di Desanya ini menjadi landasan yang kuat bagi Desa untuk mengembangkan destinasi wisata.

“Kami mendapat bantuan yang berarti, untuk pengembangan infrastruktur wisata. Ini sangat berarti bagi kami untuk mengembangkan Desa sebagai destinasi wisata yang menarik,” jelas Sutarno, Minggu (5/11/2023).

Lebih lanjut, Kepala Desa ini juga menekankan pentingnya peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengelolaan tempat wisata tersebut.

“Diharapkan bisa dikelola oleh BUMDes, juga tempat wisata ini bisa menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk menopang ekonomi masyarakat,” ujarnya penuh harap.

Baca Juga:

Desa Sumber Sari juga tengah merencanakan pengelolaan Kampung Inggris, yang direncanakan untuk bekerja sama dengan Dinas Pariwisata. Namun, Sutarno menegaskan bahwa fokus utama saat ini adalah memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada.

“Yang jelas kita masih berbenah di wisatanya. Yang penting kita genjot dulu fasilitasnya, agar orang datang tidak berpikir. Bagaimana wisata kita ini kita fasilitasi kita ajukan bantuan ke Pemda, sehingga laku kita jual,” katanya.

Ia kemudian menambahkan bahwa secara kelembagaan, Desanya telah membentuk Pokdarwis yang aktif mempromosikan wisata melalui Situs Web Desa.

“Lumayan sudah menghasilkan untuk Pokdarwisnya. Ke depannya secara perlahan bisa berimbas ke penghasilan dana Desa.” tutupnya dengan optimis. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: NN

Editor: Lukman

(Visited 83 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!