Presiden Terpilih Diminta Wakil Rakyat Kaltim Tegakkan Kedaulatan Pangan

Samsun: Wajib Bagi Negara

0 81

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pemahaman akan kedaulatan pangan sangat penting bagi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Kedaulatan pangan tersebut mengacu pada hak suatu negara atau masyarakat, untuk menentukan Kebijakan Pangan dan Pertanian mereka sendiri.

Dalam hal ini, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mengatakan, Capres dan Cawapres perlu memahami pentingnya produksi pangan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

“Wajib bagi negara untuk menjamin ketersediaan dan akses pangan. Jadi ketersediaan pangan Kaltim harus ditingkatkan,” terang Samsun, beberapa waktu lalu.

Sistem yang telah terstruktur harus terus berjalan. Tugas-tugas kenegaraan harus tetap berlanjut, tanpa terhalang oleh perubahan dalam Kabinet atau pergantian Menteri.

Diakuinya, Kaltim masih menghadapi tantangan dalam mencapai kemandirian pangan. Saat ini, ketergantungan pada impor sumber-sumber pangan dari luar negeri masih sangat tinggi, termasuk belum tercapainya swasembada pangan sepenuhnya.

“Ini PR ke depan bagi Presiden terpilih,” tegasnya.

Baca Juga:

Legislator PDIP Kaltim itu berharap, semua Capres dan Cawapres yang akan berlaga dalam Pemilihan Presiden 2024 memiliki visi dan misi yang jelas mengenai ketahanan pangan nasional.

Kedaulatan pangan adalah hak rakyat dan tanggung jawab negara,” ujarnya.

Akhir kesempatan, ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan ketersediaan pangan di Kalimantan Timur, sehingga tidak bergantung pada impor atau pasokan dari luar daerah. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Kaltim)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 77 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!