Camat Loa Janan Ungkap Peran TPK Cegah Stunting

Heri: Kader TPK Ini Menjadi Paham

0 105

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Kegiatan Orientasi serta Pelatihan Teknis bagi Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Acara yang dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU), Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, dihadiri Camat Loa Janan Heri Rusmadi, Selasa (31/10/2023).

Dalam acara tersebut Heri Rusmadi mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya di Kecamatan Loa Janan.

“Adapun tugas dari Tim Pendamping Keluarga ini adalah melakukan serangkaian kegiatan terhadap keluarga yang memiliki ibu hamil, pasca salin, anak di bawah 5 tahun,” jelas Heri.  

Selain itu, juga melakukan pendampingan untuk calon pengantin/calon PUS untuk deteksi dini faktor stunting, dan melakukan upaya meminimalisir atau pencegahan pengaruh faktor risiko stunting.

“Berbagai kegiatan yang akan dilakukan, seperti Penyuluhan KIE, Fasilitasi Rujukan Pelayanan, Fasilitasi Program Bantuan,” jelas Heri.

Baca Juga:

Heri juga menyampaikan, tujuan selanjutnya diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Tim Pendamping Keluarga dalam melaksanakan pendampingan terhadap keluarga. Tim Pendamping ini nantinya akan melakukan penyuluhan, fasilitasi layanan rujukan, serta survei dini faktor risiko stunting.

“Ada beberapa langkah penurunan stunting yang dapat dilakukan dalam pendampingan terhadap keluarga yang berisiko, yaitu terhadap calon pengantin, pendampingan terhadap ibu hamil, pendampingan terhadap ibu pasca melahirkan, pendampingan terhadap ibu menyusui, dan pendampingan terhadap bayi baru lahir sampai pada umur 2 tahun,” jelas Heri.

Heri menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan orientasi bagi kader Tim Pendamping Keluarga di Kecamatan Loa Janan. Nantinya seluruh kader ini memahami apa saja tugas pokok dalam TPK ini, yaitu ada di dalamnya pendampingan kepada ibu hamil, pendampingan pasca salin dan Catin atau Calon Pengantin.

“Kita harapkan dengan kegiatan ini para kader Tim Pendamping Keluarga ini menjadi paham, apa saja tugasnya ketika di lapangan.” kata Heri menandaskan. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 79 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!