Bupati Kukar Sebut Keluarga Pilar Utama Pembentukan Karakter

Edi: Peran Yang Sangat Strategis

0 82

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Peran penting keluarga sebagai pilar utama pembentukan karakter disorot Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah.

Hal tersebut disorotinya dalam momentum Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke-51 Tingkat Kecamatan di Kota Bangun, Senin (30/10/2023).

Keluarga sebagai wadah awal, menurutnya berperan penting dalam proses sosialisasi dan pendidikan individu, mulai dari masa bayi hingga dewasa. Keluarga menjadi tempat dimana nilai-nilai, norma, etika, dan prinsip-prinsip kehidupan diterapkan dan diajarkan kepada anggota keluarga.

“Untuk itu tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memiliki peran yang sangat strategis, dalam membentuk keluarga yang tangguh,” jelas Bupati Kukar itu.

Pembentukan peran strategis tersebut ditegaskannya perlu didorong melalui beberapa program, sembari sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

“Diantaranya program tersebut adalah penghayatan dan pengamalan Pancasila, program gotong royong, program pangan sandang, program pendidikan dan keterampilan, program kesehatan. Kemudian program pengembangan kehidupan berkoperasi,” paparnya.

Baca Juga:

Program-program ini berperan penting dalam membantu keluarga mencapai kesejahteraan fisik, emosional, dan sosial.

“Seluruh program tersebut merupakan gambaran prasyarat dasar dalam menbangun keluarga sehat dan sejahtera.” tandasnya.

Dengan itu, keluarga memiliki peran yang tak tergantikan dalam membentuk karakter seseorang. Kesadaran akan peran keluarga dalam pembentukan karakter, merupakan dasar yang penting dalam memahami pentingnya pendidikan moral di dalam keluarga. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 75 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!