Tani Bhakti Rancang Pembangunan Berdasarkan Data IDM

Amin: Perlu Memanfaatkan Data IDM

0 95

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Pemerintah Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), untuk tahun 2023 memiliki Indeks Desa Membangun (IDM) dengan status Maju.

Di dalam IDM ada 3 indikator nilai, yaitu Indek Ketahanan Sosial, Indek Ketahan Ekonomi, dan Indek Ketahanan Lingkungan.

Pendataan IDM dilakukan agar program prioritas yang dirancang dapat saling bersinergi, serta mendukung pencapaian target untuk pembangunan berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Tani Bhakti Muhammad Amin, saat memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka pembahasan rancangan APBDes tahun anggaran 2024, Senin (20/11/2023).

Oleh karena itu, lanjut Amin menjelaskan, dengan merujuk data IDM. Seperti data sosial ekonomi penduduk yang berkualitas, dibutuhkan sebagai prasyarat dan dasar dalam pengukuran capaian suatu pembangunan.

“Untuk memenuhi kebutuhan akan data kependudukan yang berkualitas dan akurat, pemerintah melakukan pemutakhiran data setiap tahunnya,” jelas Amin.

Baca Juga:

Amin menekankan, sebuah perencanaan membutuhkan keakuratan data. Salah satunya adalah data IDM, untuk itu dengan adanya data IDM maka pencapaian Pembangunan Sosial, Pembangunan Ekonomi, dan Pembangunan Lingkungan akan tersusun sesuai dengan harapan masyarakat Desa.

IDM juga dapat mengukur proporsi penduduk penerima Program Perlindungan Sosial untuk kategori kelompok penduduk anak, pengangguran, Lanjut Usia (Lansia), penyandang disabilitas, ibu hamil/melahirkan, penduduk miskin, dan rentan.

IDM juga memiliki kelengkapan informasi yang luas, sehingga untuk mengidentifikasi penduduk yang membutuhkan bantuan dapat dijawab secara terukur.

Jadi dalam perencanaan pembangunan, perlu memanfaatkan data IDM agar perencanaan pembangunan terarah dan terukur.” tandas Amin. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Amin

Editor: Lukman

(Visited 85 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!