Asisten I Setkab Kukar Tekankan Peran Penting Perdes

Taufik: Perdes Sangat Penting

0 85

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kukar Akhmad Taufik Hidayat menekankan, proses pembentukan Peraturan Desa (Perdes) harus dilakukan secara demokratis dan partisipatif.

Bukan tanpa alasan, hal itu ia kemukakan sebab masyarakat Desa menurutnya memiliki hak untuk mengusulkan atau memberikan masukan.

“Baik itu kepada Kepala Desa dan BPD dalam proses penyusunan Peraturan Desa,” ujarnya ketika menyampaikan sambutan, dalam Pendampingan Penyusunan Raperdes tentang Pembentukan LKD  tahun 2023, di Hotel Haris Samarinda, Kamis (26/10/2023).

Peraturan Desa memegang peranan yang sangat penting, dalam konteks legitimasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Selain sebagai dasar legitimasi, Peraturan Desa juga berfungsi sebagai acuan utama dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di tingkat Desa.

Peraturan Desa memberikan kerangka kerja hukum yang jelas dan tegas bagi semua pihak, yang terlibat dalam Pemerintahan Desa. Ini mencakup hak dan kewajiban Kepala Desa, BPD, dan masyarakat desa secara umum.

Baca Juga:

Dengan adanya Peraturan Desa yang kuat, proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pembangunan dapat berjalan lebih efisien dan transparan.

“Perdes sangat penting, untuk menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa dalam rangka menyusun produk hukum yang ditetapkan di Desa, berdasarkan standarisasi sesuai ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku.” tandasnya.

Peraturan Desa adalah landasan hukum yang tidak hanya memberikan legitimasi, tetapi juga membantu menciptakan tata kelola yang baik dan memberikan arah yang jelas bagi pengembangan Desa.

Itu sebabnya, pemahaman dan pematuhan terhadap Peraturan Desa sangat penting dalam melaksanakan Pemerintahan Desa yang efektif dan berkelanjutan. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 76 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!