Anggota Komisi 1 DPRD Kaltim Dorong Itwil dan BPK Audit DBON

Martinus: DBON Kaltim Perlu Dipanggil

0 144

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sejak kemunculannya pada tahun 2023 ini, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) semakin dikenali dan didukung banyak pihak, termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, yang memberikan hibah sebesar 20 persen.

Kendati demikian, besaran dana hibah ini menimbulkan pertanyaan besar. Termasuk oleh Anggota Komisi 1 DPRD Kaltim Martinus yang juga mengakui, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim meminta agar anggaran tersebut dikaji ulang.

“Anggaran operasionalnya ini terlalu besar, apakah nanti tidak menjadi polemik ke depan, kita tentunya menghindari itu,” terang Martinus kepada awak media, usai mengikuti Rapat Paripurna (Rapur) Ke-38 DPRD Kaltim, Senin (16/10/2023).

Legislator PDIP Kaltim ini mendorong Inspektorat Wilayah (Itwil) Kalimantan Timur, bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Timur untuk segera melakukan audit.

BERITA TERKAIT:

Marthinus menekankan pentingnya evaluasi ini, dan juga mengusulkan agar pengurus DBON Kalimantan Timur dipanbggil untuk memberikan keterangan dan transparan terkait alokasi dana tersebut.

“DBON Kaltim perlu dipanggil untuk memberikan keterangan. Dana yang dihibahkan Pemprov ini seperti apa alur penggunaannya,” jelas Martinus.

Baca Juga:

Besar harapannya agar isu ini dapat selesai dengan cepat, dan menciptakan tingkat keterbukaan dan pertanggungjawaban yang kuat dalam penggunaan dana hibah DBON, yang pada akhirnya akan mendukung kemajuan sektor olahraga di Kalimantan Timur.

“20 persen itu dari total dana hibah Kaltim, bukan 20 persen dari dana APBD,” jelas Martinus, Jum’at (20/10/2023).

Berikut rincian dana hibah Pemprov Kaltim untuk organisasi olahraga di Kaltim :

  1. KONI Kaltim Rp43,5 Milyar
  2. DBON Kaltim Rp31 Milyar
  3. NPCI Kaltim Rp10 Milyar
  4. Kormi Kaltim Rp7,5 Milyar
  5. Bapopsi Kaltim Rp2,5 Milyar
  6. Bapomi Kaltim Rp2 Milyar
  7. Bapor Korpri Kaltim Rp2 Milyar
  8. Siwo PWI Kaltim Rp1,5 Milyar. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 127 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!