Wakil Ketua DPRD Kaltim Usulkan Bangun PLTS Komunal

Samsun Akan Tinjau Langsung Desa Tak Berlistrik

0 102

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Meskipun dikenal sebagai penghasil Batubara terbesar di Indonesia, Provinsi Kalimantan Timur masih menghadapi tantangan serius terkait akses listrik di beberapa desanya.

Sumber daya alam yang berlimpah, berupa keberadaan Batubara yang seharusnya menjadi sumber daya energi utama di Provinsi ini, nyatanya tidak menjadi solusi. Masih banyak Desa di Kaltim yang tidak sejahtera, ditandai dengan belum teralirinya listrik, seperti yang terjadi di Kutai Kartanegara.

Karena itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mendorong Pemerintah Daerah dan Provinsi untuk mencari jalan keluar, seperti optimalisasi energi baru terbarukan, yakni tenaga surya.

Hal ini bukanlah penghalang jika berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat, harusnya ada solusinya. Yaitu dengan membangun PLTS komunal,” ujar Samsun baru-baru ini.

Baca Juga:

Legislator Fraksi PDIP Kaltim ini menduga, faktor utama penyebab terbatasnya akses listrik adalah jarak yang jauh dari saluran listrik dan biaya pembangunan infrastruktur yang tinggi.

Sangat diperlukan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga non-pemerintah, yang dapat menjadi solusi.

Tidak hanya duduk diam, ia juga mengambil langkah untuk meninjau langsung kondisi Desa-Desa yang masih belum teraliri listrik.

“Nanti kami ke sana,” kata Samsun tegas.

Akhir kesempatan ia mengaku kecewa dan prihatin dengan kondisi Kaltim saat ini, sebab seharusnya tidak ada lagi daerah di Kaltim yang kekurangan listrik.

“Kaltim memiliki pasokan energi yang melimpah, over energi. Jadi tidak layak jika masih ada daerah yang nggak punya listrik, mestinya sudah teraliri 90 persen.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Kaltim)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 91 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!