Legislator Kaltim Sayangkan 211 Desa di Kaltim Belum Dialiri Listrik

Jahidin: Masih Ada Yang Pakai Lampu Teplok

0 101

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim Jahidin sayangkan masih banyaknya masyarakat yang tidak mendapat aliran listrik, terutama di daerah Kutai Timur dan Kutai Kartanegara.

Bahkan sebagai Panitia Khusus (Pansus), Jahidin telah melakukan Studi Banding hingga ke Denpasar dan mendapatkan temuan bahwasanya terdapat 211 Desa yang belum dialiri listrik di Kaltim.

“Ini kan sangat menyedihkan. Kita yang punya Sumber Daya Alam, kita yang punya lumbung, kok bisa kita masih bisa tidak menikmati listrik. Tidak logika sekali, sementara kita yang punya bahan bakunya,” ucap Jahidin beberapa waktu lalu.

Lantas, menurutnya, sangat wajar apabila masyarakat Kaltim banyak mengeluh. Karena belum bisa menikmati infrastruktur-infrastruktur yang selama ini didengung-dengungkan, bahwa Kaltim termasuk Provinsi yang kaya.

“Wajar masyarakat Kaltim banyak mengeluh, karena kecemburuan sosial masih tinggi. Sejak merdeka sampai sekarang masih ada yang pakai Lampu Teplok. Bagaimana mau cerdas anak kita kalau begini?,” tuturnya sembari bertanya.

Baca Juga:

Legislator Karang Paci ini kemudian membenarkan, bahwa selama-lamanya Kaltim adalah daerah tertinggal.

“Selama-lamanya kita tertinggal, karana sarana utamanya seperti listrik tidak ada,” bebernya.

Terlepas persoalan listrik, ia juga mengungkapkan keprihatinnya terhadap bahan bakar, mengingat di Kota Balikpapan, antrian bisa mencapai 5 Kilometer.

“Pertalite susah, pengemudi yang antri bahan bakar bisa 2 sampai 3 hari, tiba gilirannya habis. Padahal bahan bakar kita yang disedot di Pulau jawa. Di Pulau Jawa tidak pernah kekurangan bahan bakar, kita kayak ayam jantan mati dalam kandang,” ucapnya.

Akhir kesempatan, dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim menurut Jahidin daerah yang paling krusial dikatakannya adalah Kukar. Kukar merupakan Kabupaten terkaya, namun masih ratusan rumah masyarakat yang belum teraliri oleh listrik. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Kaltim)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 87 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!