Ikuti Bimtek SAKIP, ASN Diskominfo Kukar Diharap Tingkatkan Nilai

Andri Berharap Memberikan Pemahaman Mendalam

0 106

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). 

Bimtek tersebut diikuti para pejabat dan staf perwakilan bidang Diskominfo dan Sub Bagian Program dan Perencanaan Kominfo Kukar. Bimtek tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 12 hingga 14 Oktober 2023 di Hotel Eden Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Bimtek tersebut diikuti 25 Aparatur Sipil Negara (ASN) Diskominfo Kukar dibuka Analis Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Diskominfo Kukar Andri Afiat, dengan mengahadirkan narasumber Tenaga Ahli Perencanaan Pembangunan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri RI Nita Yiswa

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kukar Dafip Haryanto yang disampaikan Andri Afiat mengatakan, bahwa SAKIP mempunyai peran strategis sebagai salah satu komponen untuk mengukur keberhasilan atas capaian kinerja yang dilakukan masing-masing perangkat daerah.

“SAKIP merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban dan alat pengendalian anggaran yang telah digunakan, untuk pembangunan daerah. SAKIP merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendorong terciptanya good governance sekaligus result oriented government dengan melakukan pendekatan manajemen berbasis kinerja (Performance-base management) sebagai out put berdaya guna, berhasil guna, bersih, bertanggung jawab serta sebagai wujud pertanggungjawaban instansi pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga:

Andri Afiat berharap Bimtek SAKIP tersebut memberikan dampak pada perbaikan penilaiaan SAKIP Diskominfo Kukar, pada tahun mendatang.

“Tahun yang lalu nilai SAKIP Diskominfo Kukar mencapai nilai 93. Semoga dengan Bimtek ini, hasil yang sudah capai dapat lebih meningkat dan menjadi yang terbaik di Kabupaten Kukar,” harapnya.

Andri Afiat juga berharap kegiatan Bimtek tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi, dalam  penyusunan Renstra di Kominfo Kukar.

“Kepada peserta saya minta dapat mengikuti acara ini dengan baik, agar nanti dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kukar dimasa akan datang,” tuturnya.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran, dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

SAKIP dipergunakan untuk mengukur kinerja yang dilakukan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan menjadi tolak ukur pertanggungjawaban anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 101 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!