Bupati Kutim Minta UMKM dan Wisata Berkolaborasi

Ardiansyah: Saya Pernah Menginstruksikan

0 138

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Dinas Koperasi UMKM dan Dinas Pariwisata Kutai Timur seharusnya bisa saling berkolaborasi dan bersinergi, dalam meningkatkan output sesuai Tupoksi.

Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman memberikan instruksi, agar keduanya dapat mengembangkan dan menggali potensi wisata sekaligus memberdayakan masyarakat di sekitarnya.

“Saya perna menginstruksikan pada Dispar bersama Dinas Koperasi dan UMKM untuk kerja sama atau kolaborasi, meningkatkan dan menggali potensi yang belum terjamah,” ucap Ardiansyah beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Kabupaten Kutim memiliki banyak potensi wisata dan tentu masih ada beberapa spot wisata yang memang perlu dikembangkan dan digali. Begitupun dari segi UMKM, dimana Dinas Koperasi dan UMK bertugas untuk menggali produk-produk asli yang dapat dipersaingkan dalam pasar global.

Dengan meningkatknya Sektor Pariwisata dan UMKM di Kutim, tentu akan berpengaruh pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

Di tahun 2022 lalu, Kutim mengalami peningkatan PAD, dan hal serupa akan kembali diupayakan oleh Bupati Ardiansyah. Salah satunya melalui Sektor Wisata, dan UMKM go global.

“PAD tahun lalu menunjukkan kenaikan yang cukup baik, dan saya bersama Wakil Bupati Insya Allah akan meningkatkan lagi,” ungkapnya.

Peningkatan PAD dengan menggali potensi wisata dan pemberdayaan UMKM lokal tidak bermaksud untuk memperkaya pendapatan daerah saja, melainkan juga terkait dengan ekonomi kerakyatan.

Apabila wisata banyak masyarakat luar, maka masyarakat lokal Kutim diminta kreatif dalam memanfaatkan peluang yang sudah diberikan.

“Langkah ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, yang saat ini sedang merangkak naik.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 126 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!