Wali Kota Bontang Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

0 96

DETAKKaltim.Com, BONTANG :  Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menjadi inspektur upacara (Irup) Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Kantor Wali Kota Bontang Lestari, Rabu (1/10/2019).

Upacara diawali dengan penampilan paduan suara dari SMA Vidatra dengan membawakan empat lagu. Upacara pun dilaksanakan dengan khidmat. Wali Kota Bontang sebagai Irup memimpin pembacaan teks Pancasila. Selanjutnya pembacaan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kemudian diakhiri dengan pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam.

Di Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Neni menuturkan Pancasila masuk dalam konsesus dasar salah satunya Pancasila, NKRI, GBHN, dan UUD 1945. Karena masuk sebagai dasar negara, tentunya Pancasila menjadi pedoman dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila juga sebagai penguatan karakter bangsa untuk menjadi SDM yang maju dan sejahtera,” kata Neni usai memimpin upacara.

Dikatakan Neni, dalam satu sila dengan sila lainnya ada saling keterkaitan. Mulai dari keimanan, ketakwaan, perilaku, keadilan sosial, musyawarah, dan sebagainya ada kaitan pembangunan karakter bangsa.

“Oleh karenanya, kami peringati Hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk Pancasila sudah final,”ungkapnya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di lingkup Pemkot Bontang, termasuk jajaran Forkopimda Bontang. peserta upacara terdiri dari 1 pleton Korsik, 1 pleton Kodim 0908/Btg, 1 pleton Den Arhanud-002/ABC, 1 pleton Polres Bontang, 1 pleton Satpol PP Bontang, 1 pleton Dishub Bontang, 4 pleton Korpri Bontang, sekuriti perusahaan, Ormas, para Mahasiswa, dan para pelajar mulai pelajar SMP dan SMA/sederajat. (He)

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!