Wakil Ketua DPRD Kaltim Minta PT Bayan Resources Tbk Bersikap Adil

Samsun : Dampak Eksploitasi Dirasakan Masyarakat Kaltim

0 65

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun memimpin rapat gabungan (Komisi 1, 2, 3 dan 4) bersama PT Bayan Resources Tbk, serta perwakilan beberapa organisasi masyarakat (Ormas) di Benua Etam, Selasa (17/5/2022).

Rapat gabungan ini, kata Samsun, merupakan bentuk atau sikap legislatif terhadap berita viral PT Bayan Resources Tbk yang telah memberikan dana CSR-nya untuk daerah luar.

“Berita viral ini menjadi keresahan masyarakat Kaltim, bahkan perwakilan sejumlah Ormas sudah melakukan aksi penyampaian aspirasi di depan kantor DPRD hari ini,” ungkapnya di Gedung E Kompleks DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Selasa (17/5/2022).

Oleh sebab itu, legislatif berinisiatif mempertemukan perwakilan Ormas bersama pihak PT Bayan Resources Tbk. Yang kemudian, perusahaan harus memberikan klarifikasinya secara langsung.

“Ternyata, hasil klarifikasinya bahwa bantuan yang diberikan ke Perguruan Tinggi luar Kaltim berasal dari dana pribadi owner PT Bayan Resources Tbk, yakni Dato’ Dr Low Tuck Kwong,” jelasnya.

Namun demikian, Samsun meminta keadilan agar Kaltim juga mendapatkan bantuan yang lebih besar dari pada daerah lainnya. Karena, dampak eksploitasi yang dilakukan perusahaan itu dirasakan masyarakat Kaltim.

“Tentu yang merasakan dampaknya ini kan masyarakat Kaltim, sehingga wajar saja jika kita ingin mendapatkan manfaat yang lebih besar. Semua itu sudah kami sampaikan pada pihak perusahaan,” paparnya.

Politikus PDI Perjuangan tersebut menerangkan, bahwa CSR PT Bayan Resources Tbk diklaim sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga :

Hanya saja, akan ada evaluasi dari DPRD Kaltim ke depannya kepada semua perusahaan di Benua Etam, bukan hanya PT Bayan Resources Tbk.

“Semua perusahaan yang mengantongi Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) akan kita evaluasi, terutama terkait penyaluran dan efektifitas CSRnya terhadap masyarakat.” tegasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!