119 Anggota Linmas Samboja Ikuti Sosbang Wakil Ketua DPRD Kaltim

Samsun : Ujung Tombak Pertahanan Terdepan Pengamanan Negara

0 846

DETAKKaltim.Com, SAMBOJA : Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim kembali menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di Daerah Pemilihan IV Kabupaten Kutai Kartanegara, bertempat di Gedung BPU, Kantor Kecamatan Samboja, Jum’at (9/12/2022).

Sebanyak 119 personil Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas dari seluruh Kecamatan Samboja, ambil bagian pada Sosbang kali ini.

Muhammad Samsun yang juga Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Timur (Kaltim) ini, memberikan penguatan terhadap 4 konsensus kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Linmas jadi ujung tombak pertahanan terdepan pengamanan negara, menjaga masyarakat dari rongrongan radikalisme ideologi yang menyimpang dari Pancasila. Contoh terdekat bom bunuh diri yang baru-baru ini terjadi, karena ideologi radikal, kita cegah hal itu terjadi, lewat satuan Linmas ini,” ungkap Samsun yang terpilih dari Dapil Kutai Kartanegara.

Baca Juga :

Apalagi, menurut Samsun, di lingkungan masyarakat jangan sampai lengah atau mengabaikan orang baru di sekitar kita. Segera lakukan pendekatan, cari tahu latar belakangnya, agar kita aman dari paham atau ideologi selain Pancasila.

“Hal ini bisa menjadi deteksi dini pencegahan radikalisme. Peran Linmas sangatlah penting,” kata Samsun.

Lebih lanjut Samsun menerangkan, 4 konsensus wawasan kebangsaan ini telah final. Dari banyaknya suku bangsa, Indonesia masih tetap aman, tenteram dan damai. Berbeda di luar negeri, ada suku bangsa satu, namun tak bisa bersatu, selalu perang.

“Bersyukur, pendiri negeri ini memerhatikan fondasi negara ini,” tuturnya.

Pada Sosbang kali ini, juga menghadirkan narasumber Kepala Badan Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti. Menjabarkan detail poin-poin penting Pancasila, Kebhinnekaan, UUD 1945 dan NKRI. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

(Visited 56 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!