Longsor Lagi, Anggota DPRD Balikpapan Minta BPBD Sigap

Oddang : BPBD Harusnya Sigap

0 70
Anggota DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang. (foto : Roni)
Anggota DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang. (foto : Roni)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Lambatnya penanganan bencana longsor yang terjadi di wilayah RT 52, Jalan Sangga Buana, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kaltim, mendapat tanggapan dari anggota Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang.

Musibah longsor yang terjadi, Sabtu (1/10/2022) pada saat turun hujan melanda Kota Balikpapan mengakibatkan 3 rumah mengalami longsor. Melihat kejadian di lokasi tersebut, ada 2 rumah yang mengalami amblas bergeser hingga 2 meter dan 1 di antaranya sudah ambruk akibat longsor.

Menurut Oddang, kejadian seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya di lokasi yang sama. Namun penanganan dari Pemerintah Kota Balikpapan terkesan lambat, sampai pada akhirnya saat terjadi hujan lebat terjadi longsor lagi.

Semestinya dengan kejadian ini BPBD harusnya sigap, dan tanggap dengan adanya kejadian ini,” jelas Oddang kepada awak media, Selasa (4/10/2022).

Oddang yang terpilih dari Daerah Pemilihan Balikpapan Utara menambahkan, kejadian longsor pada bulan lalu telah dilaporkan kepada pihak RT, Kelurahan dan Kecamatan setempat. Namun sampai saat ini belum ada reaksi, dan hanya dijanji-janjikan saja.

Baca Juga :

Dengan adanya kejadian longsor ini, warga sudah melapor bahkan dijanjikan akan diberikan bantuan biaya sewa rumah dengan alasan rumah tersebut tidak bisa dihuni lagi.

Camat Balikpapan Utara Muhammad Idris menyampaikan, pihaknya telah mengetahui adanya pergeseran tanah di wilayah tersebut. Pada saat itu sudah diusulkan untuk dipindahkan.

Bantuan yang diberikan masih dalam proses, sehingga saat menunggu proses itu tiba-tiba situasi yang begitu cepat terjadi pergerakan. Tanah kembali bergeser dengan cepat pada saat turun hujan, sehingga rumah yang ada di lokasi tersebut runtuh.

“Upaya pemindahan warga yang terdampak pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota, semoga bantuan sewa segera cepat turun dan warga bisa secepatnya sewa rumah.” tandasanya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!