Lagi, Kades di Kukar Ngeluruk Temui Wakil Ketua DPRD Kaltim

Samsun : 6 Kades dari 3 Kecamatan

0 71

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : 6 Kepala Desa (Kades) di Kutai Kertanegara mengunjungi Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, Selasa (16/2/2021).

Keenam Kades di Kukar tersebut masing-masing  Kades Pancajaya, Muara Siran, Teratak, Cipari, Bukit Pariaman dan Kades Loa Sumber.

Kades Bukit Pariaman Sugeng Riyadi yang menjadi Juru Bicara mengatakan, pihaknya ketemu Samsun dari Fraksi PDI Perjuangan untuk acara silaturrahmi dan juga ingin menjalin kedekatan dengan beliau.

“Diskusi berkaitan dengan progres ataupun program pembangunan ke depan beberapa Desa yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang, Muara Kaman, maupun seluruh Kukar khususnya,” ungkap Sugeng saat ditemui di Gedung DPRD Kaltim.

Dia berharap tidak hanya support dari Pemerintah Kabupaten, tapi juga Pemerintah Provinsi Kaltim ada kontribusi pembangunan ke Desa.

“Ini kunjungan perdana kami ketemu Pak Samsun. Harapan kami juga tidak satu kali ini saja, tetapi pertemuan ini rutin kalau bisa diadakan agar lebih akrab. Supaya apa yang menjadi peluang masyarakat Desa yang ada di seluruh Kalimantan Timur, khususnya Kukar, akhirnya terserap dari Pak Samsun dan teman-teman yang ada di Provinsi,” terang dia.

Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan visi misi Desa ke depan karena ingin menjadikan Desa mandiri.

“Tentunya kita juga harus memiliki fasilitas pendukung salah satunya adalah wisata, aset juga akan kita bangun. Nah ini salah satunya adalah Embung yang sudah dalam proses pembangunan, tetapi ini belum terselesaikan 100 persen mungkin masih 50 persen. Embung pertama ini akan kita konsep sebagai destinasi wisata,” terang dia.

Biaya pembangunan Embung itu senilai Rp18 Milyar, sekitar Rp9 Milyar sudah digunakan pembangunan itu.

“Luar biasa dalam hal ini, kami terima kasih dan memberikan apresiasi kepada teman-teman yang sudah memfasilitasi kami. Makanya sekali lagi kami  berharap untuk pertemuan seperti ini diadakan rutin, supaya kami bisa mengenalkan Desa-Desa yang ada,” harapnya.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, pertemuan tersebut bagian dari inisiatif dari para Kepala Desa, yang saat ini berupaya mencari solusi atas permasalahan yang masih terjadi di Desa mereka

“Alhamdulillah, seperti yang di lihat sendiri, hari ini, saya kedatangan tamu dari 6 Kades dari 3 Kecamatan yang ada di Kukar. Seperti Kades-Kades sebelumnya, mereka datang bertemu kami di DPRD. Ini saya anggap sebagai wujud kongkrit mereka untuk membangun Desa mereka masing-masing,” ungkap Samsun.

Baca juga : Gagas Program Virtual Reality, IGI Minta Dukungan DPRD Kaltim

Samsun meminta selain keluhan, para Kades juga saling mengutarakan kelebihan serta keunggulan yang ada di Desa mereka masing-masing.

“Ini diskusi yang sangat asyik, karena untuk yang kesekian kalinya saya bisa lebih mengenal Desa-Desa yang ada di Kukar. Ya dengan kunjungan inilah kesempatan saya lebih besar untuk mengetahui potensi apa yang ada di setiap Desa. Mengingat Kukar ini sangat luas,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan Kaltim ini juga menyampaikan salut kepada para Kepala Desa yang kreatif, bersemangat, dan antusias untuk mencari solusi atas pendanaan pembangunan di Desanya.

“Hari ini beliau-beliau datang menemui kami di Provinsi dalam rangka untuk mencari sumber pendanaan untuk pembangunan Desa, dan kami menyambut baik atas inisiatif tersebut sehingga kami paling tidak mendapatkan informasi terkait dengan potensi Desa, dan permasalahan yang ada di Desa-Desa Kutai Kartanegara,” jelas Samsun.

Terkait aspirasi yang disampaikan para Kepala Desa tersebut, Samsun membeberkan paling banyak tentang pembangunan infrastruktur, mulai jalan Desa, Pertanian, kemudian juga ada potensi yang bisa dikembangkan di Desa tapi masih terkendala dengan pendanaan rata-rata seperti itu.

“Ya tentu, insya Allah kami akan turun ke lapangan melihat secara langsung objek dari permasalahan yang disampaikan oleh para Kepala Desa tersebut,” terangnya.

Iapun berharap Desa yang baru melakukan pemekaran juga akan bisa bertumbuh dan berkembang dengan pesat, bisa mensejahterakan masyarakatnya. Pemekaran Desa tentunya ini juga diharapkan berdampak positif tehadap percepatan administrasi pelayanan terhadap masyarakat, dan percepatan pembangunan di Desa tersebut.

“Saya juga sangat bersyukur karena saya masih dipercaya untuk membantu pembangunan di setiap daerah,” tandas Samsun. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!