Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Ini Pesan Pangdam VI/Mlw

0 118

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW tahun 1440 Hijriah, ratusan Prajurit dan PNS Kodam VI/Mlw serta Anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD VI/Mlw memenuhi Masjid Sudirman Kodam VI/Mlw pada Senin 22 April 2019.

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW tahun ini mengusung tema “Dengan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhamad SAW tahun 1440 Hijaryah 2019 M Kita Implementasikan Nilai-nilai Sholat Dalam Kehidupan Prajurit dan PNS TNI AD Dalam Rangka Keutuhan NKRI”.

Acara diawali dengan senandung irama Hadrah dari Yon Zipur 17 Ananta Dharma, dan dilanjutkan dengan lantunan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an Surah Al Isra Ayat 1- 3 oleh Qori Ustad Sarnurbi dan Saritilawah oleh Pelda (K) Nasnah.

Sebelum ceramah mulai, didahului dzikir dan doa bersama untuk mensyukuri terlaksananya Pemilu 2019 dengan aman dan lancar. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh Ustad Haji Sartono.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, peringatan Isra Mi’raj merupakan momentum peristiwa tentang perjalanan Rasulullah Muhamad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, pada 27 Rajab dan perjalanan ke Sidhratul Muntaha hingga mendapat perintah langsung dari Allah SWT tentang Ibadah Sholat 5 waktu.

Sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar serta sebagai sarana untuk memohon dan komunikasi kepada Allah SWT.

“Berharap agar momentum ini menjadi langkah yang terbaik agar bisa hijrah, untuk taat menjalani sholat lima waktu, untuk meningkatkan kinerja dan perubahan sikap serta perilaku yang baik, dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawab sehari-hari,” ujar Pangdam

Ustadz Haji Sartono dalam ceramahnya menyampaikan bahwa, di dalam Al Qu’ran terdapat hal-hal yang rasional dan irasional yang memiliki hubungan antara science dengan keimanan.

Hal itu terkait dengan beberapa peristiwa yang diceritakan dalam Qur’an, seperti kelahiran Nabi Isa AS dari Siti Maryam yang tidak memiliki bapak. Pemuda yang tidur selama 309 tahun dalam surat Al Kahfi, Nabi Yunus AS ditelan ikan selama  40 hari 40 malam, Nabi Ibrahim AS dibakar tetapi api yang sifatnya panas berubah menjadi dingin karena perintah Allah SWT, dan kisah Isra Mir’aj Nabi Muhamad SAW menghadap Allah SWT menembus lapisan langit ketujuh.

“Melaksanakan sholat akan menjauhkan diri dari penyakit hati, yaitu iri dan dengki. Karena kita berdzikir sedikitnya 165 kali sehari. Sholat merupakan perwujudan 5 dimensi spritual yang dilaksanakan oleh setiap manusia yaitu tilawah, gerak, dzikir, berpikir dan doa,” jelas Ustadz Haji Sartono.

Dalam berbagai penelitian Science,  sholat dapat mencegah berbagai penyakit, seperti stroke, hipertensi dan berbagai penyakit serta dapat meningkatkan kesehatan dan melancarkan peredaran darah.

“Pada saat kita sujud maka posisi tersebut yang berdasarkan penelitian para ahli akan membagi asupan nutrisi pada otak, karena hal tersebut membantu peredaran darah kita yang sebagian besar terdiri dari air, sehingga mencegah terjadinya stroke atau tekanan  darah tinggi apabila melaksanakan tata cara takbir yang benar,” tandas  Ustadz Haji Sartono. (Rony S)

Sumber : Pendam VI/Mlw

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!