Kadis Dijabat Plt Jadi Sorotan Wakil Ketua DPRD Balikpapan

Budiono: Kepala Dinas (Dispenda) Masih Plt

0 41

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan Budiono menyoroti masih adanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan yang dijabat Plt.

Menurut Budiono, kosongnya jabatan Kepala OPD atau Kepala Dinas di Balikpapan dipastikan akan berpengaruh terhadap peningkatan pembangunan kota.

Lantaran tidak bisa memutuskan atau mengambil suatu kebijakan, termasuk membuat inovasi guna meningkatkan capaian target PAD sebesar Rp1 Trilyun lebih.

“Salah satu yang menjadi sorotan kami adalah belum adanya ketetapan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Balikpapan secara definitif atau jabatan Kepala Dinas masih Plt, sejak pertengahan 2022 hingga memasuki tahun 2023 ini,” kata Budiono, Selasa (7/2/2023).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini melihat tantangan Pemkot Balikpapan ke depan semakin berat. Ada beberapa target-target yang seyogyanya sudah harus bisa diatasi. Salah satu contohnya adalah, kondisi Balikpapan tentang anak sekolah, banjir, dan segala macamnya.

“Tetapi hal yang tidak luput, bahwasanya di APBD 2023 yang berjalan. Balikpapan punya target PAD yang cukup besar, ada Rp1 trilyun lebih. Artinya, ada juga yang jadi konsentrasi kita, mungkin dinas kita, atau orang yang ditempatkan itu juga lebih banyak inovasi,” jelas Budiono.

Baca Juga:

Ia menyampaikan bagaimana menggali PAD yang ditargetkan itu. Target PAD sebesar Rp850 Milyar lebih tahun lalu, itu saja tidak tercapai, sekarang ditetapkan lagi naik.

“Sementara saya melihat belum ada keseriusan, karena Kepala Dinas yang saat beberapa tahun lalu pernah dimutasi, sampai hari ini belum diganti atau belum ada penggantinya,” sambungnnya.

Budiono juga berharap, kerja-kerja bersama harus terus dilakukan sehingga target yang sudah ditetapkan, khususnya untuk peningkatan PAD Balikpapan tahun ini bisa tercapai.

Terlebih kebutuhan anggaran Balikpapan untuk pembangunan kota dipastikan cukup banyak, termasuk untuk kesejahteraan rakyat.

“Saya kepinginlah kerja-kerja bersama, target-target ini bisa terpenuhi. Dan otomatis kalau terpenuhi APBDnya, tentunya pembangunan Balikpapan tidak mengalami persoalan, tak terkecuali juga untuk kesejahteraan rakyat.” tandas Budiono. (DETAKKaltim.Com)

Penuli: Jamil/Roni

Editor: Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!