HUT Ke-76 TNI, Bupati Kutim: TNI Terus Berkontribusi dan Sinergi

Danlanal Sangatta : Selalu Rela Berkorban dan Pantang Menyerah

0 38

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman, Joni Ketua DPRD Kutim, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Pengadilan Negeri, Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko, dan Perwira TNI AD-TNI AL Kutim mengikuti upacara HUT Ke-76 TNI  secara virtual di Mako Lanal Kutim.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini mengambil tema Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang.

Ardiansyah mengatakan, tema sentral tersebut sangat konkret dan sudah tercermin dalam melaksanakan tugas dan fungsi, serta bersinergi bersama pemerintah khususnya penanganan Covid-19 di Kutim.

“Atas nama masyarakat Kutim dan Pemkab Kutim menyampaikan selamat Ulang Tahun Ke-76 TNI. Semoga momentum ini bagian menguatkan TNI yang kita banggakan,” kata Ardiansyah kepada awak media, Selasa (5/6/2021).

Ardiansyah juga menyampaikan terima kasi kepada jajaran Dandim dan Danlanal, yang telah bersinergi dengan Pemkab Kutim selama ini.

“Saya menyampaikan perhargaan terima kasih kepada Dandim, Danlanal beserta jajarannya, karena selain tugas pokok TNI, juga bersinergi dengan pemerintah. Tugas-tugas pelayanan kemasyarakatan khususnya pembangunan keagamaan, dan lebih khusus lagi dalam penanganan Covid-19,” ungkap orang nomor satu di Kutim ini.

Ditambahkan Ardiansyah, keberadaan TNI melalui Lanal Kutim dan Dandim 0909/KTM baik itu di dalam Satgas Covid-19 maupun secara kelembagaan terus berkontribusi. Tidak hanya menjaga wilayah territorial, tapi juga memberikan bantuan sosial dan vaksinasi serta peningkatan pelayanan masyarakat lainnya.

Dia berharap, sinergitas yang sudah terbangun dengan baik ke depan harus dijaga dan ditingkatkan lagi. Sebab masih banyak tugas pemerintah, seperti ketahanan pangan dan pertanian dalam arti luas yang harus diwujudkan.

“TNI mengambil bagian di sana dalam rangka bersama-sama mewujudkan itu,” jelasnya.

Baca Juga :

Sementara Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi menuturkan, tema yang diambil sebagai bentuk refleksi bagaimana TNI hadir selama 76 tahun dan perlu ada suatu introspeksi. Dalam artian terhadap peran dan fungsi TNI, khususnya Satuan Kewilayahan Kutim

“Memang masih banyak ditemukan di sana sini kekurangan, tetapi niat dan motivasi kami yang selalu ingin berbuat yang terbaik, selalu rela berkorban dan pantang menyerah untuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” lugasnya.

Danlanal juga mengatakan, upaya-upaya nyata dalam mengemban tugas selaku komplemen TNI telah menunjukkan kinerja yang cukup siginifikan. TNI telah berperan membantu bangsa dan negara dalam pencegahan, penularan Covid-19 juga bakti sosial.

“Hal ini berarti sejalan dengan salah satu kebijakan pemimpin TNI,” imbuhnya.

TNI juga sudah melaksanakan kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat, kegiatan yang di implementasikan dengan kegiatan nyata. Seperti pemberian vaksinasi Covid-19, Komsos dengan komponen bangsa, anjangsana kepada Warakawuri juga purnawirawan, donor darah, kunjungan ke SLB Bahasa Hati, lomba rumah sehat, olahraga senam dan fun bike, pertandingan Bulutangkis dan Bola Voli.

“Semoga HUT TNI ini bukan hanya sekedar seremonial saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana seluruh jajaran TNI lebih mampu mengaktualisasikan dan mengimplementasikan, tema peringatan kali ini ke dalam kiprah pengabdiannya.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!