Kasad Jenderal TNI Andika Buka Latma Garuda Shield Ke-15 di Baturaja

Andika : Simbol Kekuatan dan Wujud Diplomasi Militer

0 124

DETAKKaltim.Com, BATURAJA : Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa membuka Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 antara TNI Angkatan Darat (AD) dan AD Amerika Serikat (US Army) di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021) Pukul 08:00 Wib.

Dalam sambutannya, Jenderal TNI Andika mengatakan, Latihan Bersama Garuda Shield yang Ke-15 tahun ini merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan oleh kedua negara dengan tema latihan, meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara, yang akan diselenggarakan di 3 tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad-Baturaja, Amborawang- Balikpapan, dan Makalisung – Manado.

“Tujuan dari Latihan Bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, melainkan mengembangkan materi pelajaran lain. Seperti Prosedur Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), Drill Taktis, penggunaan Multiple Integrated Laser Engagement (MILES), penggunaan Phase Line berupa pengiriman hasil intai daerah operasi menggunakan Drone (UAS) ke Heli Apache, dan penembakan roket ASTROS serta HIMARS,” jelas Jenderal Andika.

BERITA TERKAIT :

Pada Latma tahun ini, kata Jenderal Andika, materi lain yang dilatihkan adalah Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET), dan Garuda Airborne.

“Saya berharap Latma Garuda Shield-15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan, sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer kita dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan,” tandasnya.

Dikutip dari Suarasumsel.id, Latma ini diikuti 2.246 orang personel TNI AD dan 2.282 personel AD Amerika Serikat (AS).

Di Balikpapan, Latma yang akan diselenggarakan hingga 14 Agustus 2021 akan melibatkan penyelenggara dan pelaku dari US Army sebanyak 122 personel sedangkan dari TNI AD 250 personel. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!