Adaptasi New Normal Life, Sejumlah Cafe Dinilai Curi Start

0 447

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Skema adaptasi new normal baru saja diterapkan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), namun untuk beberpa cafe saat ini sudah beroperasi. Harusnya pemilik menunggu imbauan dari pemeintah setempat.

Seperti yang dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutim Didi Herdiansyah, bahwa ada beberapa cafe yang sudah mulai beroperasi mendahului launching pencanangan new normal di Kutim.

“Harusnya jangan buka dulu sebelum launching new normal life dari Bupati kita, namun mereka ini curi start dan itu akan kita sambangi dan ingatkan kembali,” kata Didi, Kamis (11/6/2020).

Meski demikian, Didi menegaskan akan tetap melakukan pemantauan dan monitoring. Jika memang cafe tersebut telah memenuhi protokol kesehatan tentang Covid-19, maka mereka akan tetap diperbolehkan membuka usahanya.

“Kalau yang sudah buka itu mematuhi anjuran pemerintah seperti menjalankan protokol kesehatan, seperti jumlah pengunjung maksimal 40% dari jumlah kunjungan pada kondisi normal. Selain itu waktu kunjungan juga harus dibatasi, gunakan masker dan menyediakn wadah cuci tangan, maka akan tetap diizinkan buka,” tegasnya.

Namun jika sebaliknya, kata Didi lebih lanjut, maka Satpol PP akan menindak tegas untuk menutup cafe yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

“Tapi kalau mereka di luar ketentuan protokol kesehatan ya kita tutup. Untuk sementara ini ada sembilan cafe yang buka, termasuk Coffee Time itu yang besar.  Yang kecil itu banyak juga, tapi tetap kita pantau,” pungkasnya.

Didipun kembali mengimbau jika pemilik usaha enggan mematuhi anjuran pemerintah untuk menjalankan protokoler kesehatan, maka akan dibawa ke ranah hukum ringan. Seperti akan memberikan surat peringatan yakni SP 1, SP 2, maupun SP 3 dan akan dibawa ke ranah tindak pidana ringan (Tipiring). (DK.Com)

Penulis: RH

Editor Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!