Kadispar Kutim Dukung Anak Muda Tingkatkan Peran Kelola Ekraf

Nurullah: Harapannya Jadi Bekal ke Depan

0 57

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Dalam upaya memperbaiki ekonomi rakyat, diperlukan perananan dan keterlibatan anak muda dalam meningkatkan ekonomi kreatif (Ekraf) di Kutai Timur (Kutim).

Ekraf merupakan sebuah konsep pada era ekonomi baru, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide serta pengetahuan dari sumber daya manusia, sebagai faktor produksi utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif.

Hal itupun menjadi perhatian pemerintah. Bahkan Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia, memberikan perhatiannya kepada para pelakunya. Di Kutim, Dinas Pariwisata (Dispar) menggali potensi dan peluang dalam pengembangan ekonomi kreatif tersebut.

Kadispar Kutim Nurullah mengatakan, kegiatan ekonomi kreatif dapat dilakukan anak-anak yang punya intelektual. Sehingga pemerintahpun siap memberikan fasilitasnya. Seperti tahun lalu, pihaknya mempelopori berbagai gelaran pelatihan.

“Mulai dari videografi hingga kuliner. Harapannya jadi bekal ke depan untuk pengembangan dunia ekonomi kreatif, hingga Kutai Timur lebih maju,” sebut Nurullah, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga:

Apalagi regulasi telah mendukung, bagaimana ide kreatif dapat dituangkan di dunia informasi. Sehingga fokusnya bagaimana generasi muda dapat dan mampu bersaing, baik di dunia regional, nasional, maupun internasional.

“Diperlukan komunitas pelatihan apa saja yang perlu dilakukan, dalam pengembangan ekonomi kreatif. Kan tidak hanya bergelut dengan fashion. Termasuk video, seni, film, percetakan dan lainnya. Makanya generasi penerus harus dapat memanfaatkan peluang sekecil apapun.” papar Nurullah menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!