Kearsipan Digital Desa di Kukar Direspon Positif

Nor: Masih Banyak Blind Spot

0 92

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Pengawasan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diarsip) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Nor Hairi, menyoroti penyelenggaraan kearsipan secara digital di Kukar.

Menurutnya, proses tersebut telah diterapkan secara bertahap melalui Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), yang merupakan aplikasi umum di Bidang Kearsipan dan dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan secara elektronik.

“Arsip digital ini kami kalau di Kukar ada namanya Srikandi, semuanya lewat media online,” ujar Nor, kepada pewarta media DETAKKaltim.Com.

Pengimplementasian Srikandi juga telah sejalan dengan Program Dedikasi Kukar Idaman, yakni Program Digitalisasi Pelayanan Publik (Disapa).

Namun demikian, Nor mengakui bahwa penerapannya di Desa masih kurang maksimal, yang diakibatkan oleh banyaknya daerah blind spot.

“Jadi apabila ada surat masuk dan keluar semuanya melalui Srikandi, namun di Desa penerapannya ini belum maksimal karena masih banyak blind spot,” ungkap Nor usai Sosialisasi Kearsipan, Ballroom Hotel Puri Senyiur Samarinda, Senin (27/11/2023).

Baca Juga:

Ditambahkan Sri Hartini, Kasi Pemerintahan Desa Ponoragan, Loa Kulu, Kukar, dalam kesempatan yang sama, ia menaruh harapan besar akan optimalnya kearsipan ke arah digital tersebut.

“Harapannya bahwa ke depan kearsipan memang lebih ke arah digital, kalau yang arsip konvensional, ada beberapa hal yang tidak bisa kita tinggalkan tapi akan berusaha kita alihkan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Loa Duri Ilir Fakhri Arsyad mendorong agar Diarsip Kukar menyelenggarakan pelatihan khusus teknis pengarsipan digital.

Kita perlu penguatan kearsipan digital, bagaimana agar Desa bisa 100 persen mengaplikasikan arsip digital.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/ProKom)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 88 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!